PENDIDIKAN KARAKTER PADA EKSTRAKURIKULER REBANA DI MI SIDALANG KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG

LUTFIANA, NISA DWI (2023) PENDIDIKAN KARAKTER PADA EKSTRAKURIKULER REBANA DI MI SIDALANG KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NISA DWI LUTFIANA 18120102.pdf] Text
NISA DWI LUTFIANA 18120102.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

NISA DWI LUTFIANA. NPM 18120102. “Pendidikan Karakter Pada
Ekstrakurikuler Rebana Di MI Sidalang Kecamatan Tersono Kabupaten Batang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Bapak Moh Aniq
Khairul Basyar, S.Pd., M.Hum., Pembimbing II Ibu Ari Widyaningrum, S.Pd.,
M.Pd. 2023.
Konteks penelitian dalam penelitian ini adalah bahwa pendidikan karakter
adalah bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang
mendidik dan diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Dalam pendidikan
karakter terdapat nilai-nilai karakter, nilai-nilai yang diperlukan dalam
membentuk karakter yang baik pada diri seseorang. Nilai-nilai karakter tersebut
dapat diwujudkan melalui kegiatan ekstrakurikuler rebana yang dilaksanakan di
luar jam pelajaran.
Penelitian ini terfokus pada (1) Bagaimana pendidikan karakter siswa yang
ada di MI Sidalang Kecamatan Tersono Kabupaten Batang? (2) Bagaimana upaya
guru untuk menanamkan pendidikan karakter pada saat ekstrakurikuler rebana di
MI Sidalang Kecamatan Tersono Kabupaten Batang? Tujuan penelitian ini untuk
(1) Mendeskripsikan pendidikan karakter siswa yang ada di MI Sidalang
Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. (2) Mendeskripsikan upaya guru untuk
menanamkan pendidikan karakter pada saat ekstrakurikuler rebana di MI Sidalang
Kecamatan Tersono Kabupaten Batang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini berasal dari kepala sekolah, guru pelatih ekstrakurikuler rebana, dan
siswa yang mengikuti ekstrakurikuler rebana. Penelitian ini menggunakan metode
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan
karakter siswa di MI Sidalang yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler rebana
cenderung lebih baik dibandingkan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler
rebana. Di dalam ekstrakurikuler rebana tersebut guru menanamkan nilai-nilai
karakter sehingga karakter baik dapat tertanam pada diri siswa. Upaya yang
dilakukan guru untuk menanamkan pendidikan karakter pada siswa saat
melaksanakan ekstrakurikuler rebana yaitu dengan memberikan arahan, motivasi,
contoh, dan juga sanksi bagi siswa yang melanggarnya, guru juga selalu
memberikan pengalaman yang inspiratif, sebab dengan cara tersebut dapat
membuat siswa berpikir dan juga tertanam karakter pada diri mereka.
Saran yang dapat disampaikan peneliti setelah penelitian agar tetap
mempertahankan bahkan meningkatkan pendidikan karakter dan juga
menanamkan pada siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, serta
memperbanyak kegiatan ekstrakurikuler di luar jam pelajaran. Guru juga harus
berani bertindak tegas apabila ada siswa yang melakukan kesalahan.
Kata Kunci : pendidikan karakter, ekstrakurikuler rebana

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:50
Last Modified: 24 Jan 2024 02:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1795

Actions (login required)

View Item
View Item