SARI, NILAM PERMATA (2023) KEEFEKTIFAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS IV SDN WONOREJO 02. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
NILAM PERMATA SARI 18120024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
NILAM PERMATA SARI. NPM 18120024. “Keefktifan Media Pop Up Book
Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas IV
SDN Wonorejo 02”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar.
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Joko Sulianto, M.Pd.
Pembimbimg II Prof. Dr. A.Y. Soegeng,Ysh, M.Pd. Januari. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa mengalami
kesulitan dalam memahami materi pembulatan pada bilangan cacah, kegiatan
siswa dalam pembelajaran cenderung pasif, adanya media pembelajaram dikelas
namun kurang maksimal, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa kurang
maksimal. Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks.
Sebagai tindakan, maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri. Siswa adalah
penentu terjadinya atau tidak terjadinya proses belajar. Proses belajar terjadi
berkat siswa memperoleh sesuatu yang ada di lingkungan sekitar. Lingkungan
yang dipelajari oleh siswa berupa keadaan alam, benda-benda, hewan, tumbuh�tumbuhan, manusia, atau hal-hal yang dijadikan bahan belajar. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah apakah pengunaan media Pop Up Book efektif
terhadap hasil belajar pada bilangan cacah siswa kelas IV SDN Wonorejo 02?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keefektifan media
game pembelajaran terhadap hasil belajar materi bilangan cacah di kelas IV SDN
Wonorejo 02.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre�eksperimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, tes dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan rata-rata pretest 47,3 dan rata-rata posttest
84,6. Berdasarkan uji paired sampel t-test dengan df = N-1 = 33-1 = 32 dengan
taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung = 14,343 ttabel = 2.039 . Ketuntasan belajar
individu dipandang tuntas belajar apabila memenuhi nilai KKM yaitu 70.
Ketuntasan belajar klasikal yaitu 98%. Dari hasil tersebut diperoleh thitung > ttabel
maka dapat disimpulkan bahwa media pop up book efektif terhadap hasil belajar
materi bilangan cacah di kelas IV SDN Wonorejo 02.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh penulis menyampaikan
bahwa, jika penggunaan media tersebut lebih maksimal dan dimanfaatkan serta
dapat dikembangkan oleh guru, saat pembelajaran bukan hanya sebagai hiasan
namun juga akan lebih efektif jika digunakan. Hal tersebut juga dapat mendorong
siswa agar semangat dalam belajar. Perbandingan dari proses dan hasil dalam
pembelajaran saat menggunakan media, dalam perbandingan saat tidak
mengunakan media akan terlihat jelas dalam kegiatan pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 02:46 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 02:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1792 |