IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA DIMENSI KREATIF DI SMP N 34 SEMARANG

HARYANTO, BAGUS TRI (2023) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA DIMENSI KREATIF DI SMP N 34 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of BAGUS TRI HARYANTO 19210044.pdf] Text
BAGUS TRI HARYANTO 19210044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Bagus Tri Haryanto. NPM 19210044. “Implementasi Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila pada Dimensi Kreatif di SMP N 34 Semarang”. Program
Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Profil Pelajar Pancasila sebagai
perwujudan pelajar sepanjang hayat yang memiliki enam dimensi ciri utama. Dari
keenam tersebut dalam penelitian ini difokuskan pada dimensi kreatif, dalam
implementasinya di lapangan belum dicapai dengan maksimal. Rumusan masalah
penelitian ini, adalah: bagaimana implementasi projek penguatan profil pelajar
pancasila pada dimensi kreatif di SMP N 34 Semarang. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan dan menganalisis implementasi penguatan profil pelajar Pancasila
pada Dimensi Kreatif di SMP N 34 Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Fokus penelitian ini yakni implementasi projek penguatan profil pelajar
Pancasila pada dimensi kreatif, Sub fokus dalam penelitian ini yakni, 1) Dimensi
kreatif yang dimplementasikan pada projek penguatan profil pelajar Pancasila, 2)
Tahapan implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila pada dimensi
kreatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil Penelitian menunjukkan: dimensi kreatif yang dimplementasikan pada
projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP N 34 Semarang meliputi tiga
elemen: (1) Menghasilkan gagasan yang orisinal diwujudkan siswa dengan membuat
eco enzyme. (2) Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal diwujudkan siswa
dalam pembuatan blog. (3) Memiliki keluwesan berpikir siswa dengan menemukan
solusi permasalahan saat membuat projek dengan cara mencari sumber di internet.
Tahapan implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila pada dimensi kreatif
di SMP N 34 Semarang, meliputi: membentuk tim fasilitator projek yang sesuai
dengan jenjang kelas yaitu kelas VII dan VIII. Mengidentifikasi tingkat kesiapan
satuan pendidikan, melalui di awal pelaksanaan projek sebagian guru sudah
mengenal pembelajaran berbasis projek. Merancang tema dan alokasi waktu projek
dengan menetapkan dimensi kreatif. Menyusun modul projek pada dimensi kreatif,
melalui modul eco enzyme dan alokasi waktu pelaksanaan 1 minggu. Merancang
strategi pelaporan hasil projek dilaksanakan menggunakan alat evaluasi yang
dirancang secara tertulis untuk mengukur kemampuan peserta didik dan dalam
pelaporan hasil projek pada rapor projek.
Kesimpulan: implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP
N 34 Semarang pada prinsipnya sudah dilaksanakan sesuai dengan buku pedoman
yang didasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13
Tahun 2022, namun dimensi kreatif yang diimplementasi projek penguatan profil
pelajar pancasila dan tahapan implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila
pada dimensi kreatif belum dicapai dengan maksimal.
Kata Kunci: Implementasi, Profil Pelajar Pancasila, Dimensi Kreatif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 08:16
Last Modified: 03 Jan 2024 08:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/179

Actions (login required)

View Item
View Item