ANALISIS PENERAPAN METODE JARIMATIKA PADA OPERASI HITUNG PERKALIAN BILANGAN SISWA KELAS 3 SDN KALICARI 01 SEMARANG

CHOIRIYAH, NIKMATUL (2023) ANALISIS PENERAPAN METODE JARIMATIKA PADA OPERASI HITUNG PERKALIAN BILANGAN SISWA KELAS 3 SDN KALICARI 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NIKMATUL CHOIRIYAH 19120233.pdf] Text
NIKMATUL CHOIRIYAH 19120233.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

NIKMATUL CHOIRIYAH, NPM 19120233 “Analisis Penerapan Metode
Jarimatika Pada Operasi Hitung Perkalian Bilangan Siswa Kelas 3 SDN Kalicari
01 Semarang” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen pembimbing I Sunan
Baedhowi, M.Si. Dosen Pembimbing II Dr. Kartinah, S.Si, M.Pd.
Konteks penelitian yang melatar belakangi penelitian ini, yaitu
kemampuan berhitung merupakan salah satu kegiatan yang dapat
mengembangkan kemampuan dasar matematika anak di masa tahapan awal
perkembangannya. Didapati rendahnya kemampuan berhitung siswa khususnya
pada operasi hitung perkalian. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya nilai ulangan
harian matematika pada materi perkalian kelas 3 Sekolah Dasar.
Permasalahan pada penelitian ini, yaitu bagaimanakan analisis dari
penerapan metode jarimatika pada operasi hitung perkalian bilangan siswa kelas 3
SDN Kalicari 01 Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis
penerapan metode jarimatika pada operasi hitung perkalian bilangan siswa kelas 3
SDN Kalicari 01 Semarang.
Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sasaran peneliti
adalah 6 subyek dari keseluruhan siswa yang berjumlah 28 siswa kelas 3B. Teknik
dalam pengumpulan data mempergunakan observasi, tes, dan wawancara maupun
dokumentasi.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan metode jarimatika
dalam penerapannya cukup baik dan efektif. Hal ini dilihat dari observasi peneliti
kepada siswa pada saat pelaksanaan penerapan metode jarimatika, wawancara
yang dilakukan peneliti dengan siswa, serta pada hasil tes siswa setelah
diterapkannya metode jarimatika. Siswa sangat berantusias dalam mengikuti
pembelajaran. Metode jarimatika juga meningkatkan kemampuan pemahaman
siswa, serta siswa lebih mudah untuk melakukan operasi hitung perkalian. Dalam
pelaksanaannya, siswa terlihat lebih fokus, aktif dan terjadi peningkatan dalam rasa
ingin tahunya. Bisa diperjelas bila metode jarimatika dalam penerapannya cukup
baik, serta mampu mempermudah siswa dalam melakukan operasi hitung perkalian
serta meningkatkan kemampuan pemahaman siswa.
Kata kunci : Metode Pembelajaran, Jarimatika, Operasi Hitung,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:39
Last Modified: 24 Jan 2024 02:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1788

Actions (login required)

View Item
View Item