ANALISIS MUATAN DIMENSI KREATIF PADA PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD MUHAMMADIYAH 02 KENDALSARI

MUFTI, NEZA ANISSA (2023) ANALISIS MUATAN DIMENSI KREATIF PADA PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD MUHAMMADIYAH 02 KENDALSARI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NEZA ANISSA MUFTI 19120086.pdf] Text
NEZA ANISSA MUFTI 19120086.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Neza Anissa Mufti, “ANALISIS MUATAN DIMENSI KREATIF
PADA PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR
PANCASILA DI SD MUHAMMADIYAH 02 KENDALSARI”. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Dosen Pembimbing I Dr. Iin Purnamasari, S.Pd., M.Pd dan Dosen Pembimbing II
Rofian, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pelaksanaan muatan
dimensi kreatif pada projek penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum
merdeka, mengembangkan elemen dimensi kreatif yang sesuai dengan nilai
karakter yang yang tertanam di tiap butir sila-sila pada pancasila.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pelaksanaan
muatan dimensi kreatif pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD
Muhammadiyah 02 Kendalsari.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Deskriptif merupakan merupakan metode penelitian yang berusaha
menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kualitatif, yaitu: Observasi,
Angket dan Kuesioner, Wawancara, dan Dokumentasi.
Hasil analisis projek yang sudah dibuat peserta didik ialah dapat
menuangkan ide kreatifitasnya dengan membuat tempat pensil yang berpola
karakter sesuai kreatifitasnya, peserta didik telah menuangkan ide kreatifitasnya
dengan menghias dan memodifikasi pola bentuk tersebut dengan kain flannel.
Peserta didik dapat menerapkan elemen elemen yang ada pada dimensi kreatif,
seperti menghasilkan karya yang didorong oleh minat peserta didik dan
memodifikasi karya sehingga menghasilkan karya yang baru, dalam proses
pembuatan projek peserta didik dapat fokus dalam pembuatan kreatifitas yang
dibuatnya.
Saran yang dapat peneliti sampaikan mengenai pelaksanaan projek
dimensi kreatif profil pelajar pancasila dapat dilihat dari hasil penelitian peserta
didik merasa antusias dengan adanya pelaksanaan projek P5, alangkah baiknya
sebelum projek dilaksanakan sekolah sudah membentuk tim fasilitator dengan
berkolaborasi dengan seluruh pihak terkait projek profil (orang tua, mitra,
lingkungan satuan pendidikan, dll. ) dan alangkah baiknya pelaksanaan P5
tersebut dapat terus dilaksanakan setiap minggunya, agar peserta didik dapat
mengembangkan kreatifitasnya dalam penguatan dimensi kreatif pada lingkungan
sekitarnya.
Kata Kunci : Dimensi Kreatif, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:31
Last Modified: 24 Jan 2024 02:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1784

Actions (login required)

View Item
View Item