DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN SEGI BANYAK MENGGUNAKAN TANGRAM BERBASIS SENI DAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN MOJOAGUNG PATI

RAHMA, NUR SHOFIA (2023) DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN SEGI BANYAK MENGGUNAKAN TANGRAM BERBASIS SENI DAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN MOJOAGUNG PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NUR SHOFIA RAHMA 19120137.pdf] Text
NUR SHOFIA RAHMA 19120137.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Nur Shofia Rahma. NPM 19120137. “DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN
SEGI BANYAK MENGGUNAKAN TANGRAM BERBASIS SENI DAN
MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN MOJOAGUNG PATI”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I
Dr. Bagus Ardi Saputro, M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Rofian, M.Pd. Agustus,
2023.
Latar Belakang dalam penelitian ini yaitu pada pembelajaran matematika
geometri fase B kelas IV ditemukan permasalahan yaitu mendeskripsikan ciri
berbagai bangun datar segi tiga dan segi empat dan menyusun (komposisi )
berbagai bangun datar dengan satu cara atau lebih jika memungkinkan yaitu
kurangnya media konkret yang menunjang pembelajaran geometri pada materi
segi banyak sehingga pemahaman peserta didik kurang maksimal. Selain itu,
penelitian ini bertitik tolak dari permasalahan banyaknya siswa yang merasa
malas untuk belajar matematika, siswa kesulitan dalam penggunaan konsep serta
kecenderungan kebiasaan belajar yang menggunakan metode ceramah.
Fokus pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media
tangram dalam pembelajaran matematika pada materi segi banyak siswa kelas IV
di SDN Mojoagung. Media pembelajaran dapat menunjang dalam tercapainya
tujuan pembelajaran itu sendiri terutama penggunaan media konkret pada siswa
kelas IV materi bangun datar segi banyak. Pendekatan penelitian ini adalah
kualitatif dan metodenya menggunakan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa
kelas IV yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan
wawancara, tes, dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan
media tangram pada materi bangun datar segi banyak memiliki kriteria cukup.
Hasil analisis menunjukkan bahwa kriteria hasil belajar siswa secara keseluruhan
termasuk dalam kriteria Cukup. Adapun kriteria hasil belajar siswa dengan
kriteria sangat tinggi sebesar 8,33%, kriteria tinggi sebesar 66,67%, dan untuk
kriteria cukup sebesar 25%. Penggunaan media tangram bermanfaat dalam
pembelajaran matematika.siswa menjadi senang belajar dan tidak bosan dalam
belajar matematika, bersemangat dan termotivasi dalam pembelajaran matematika
karena siswa juga bisa bermain sambil sekaligus belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 08:13
Last Modified: 03 Jan 2024 08:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/178

Actions (login required)

View Item
View Item