ANALISIS LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Mahmudin, Nanang Ali (2023) ANALISIS LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Nanang Ali Mahmudin 15310100.pdf] Text
Nanang Ali Mahmudin 15310100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui literasi matematis pada materi
SPLSV ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Jenis
penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif Kualitatif. Subjek Penelitian yang
diambil adalah siswa kelas VII MTs tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 3
siswa yaitu 1 siswa dengan gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar
auditorial, dan 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data
yang digunakan oleh peneliti adalah tes tertulis, tes wawancara, dan
angket(kuisioner). Teknik Analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik Pengecekan Keabsahan
Data yaitu menggunakan Triangulasi Waktu. Hasil Penelitian menunjukkan
bahwa dalam kelas VII yang saya lakukan peneltian di sekolah MTs Darul Ulum
Ngaliyan literasi matematis kategori gaya belajar visual dapat menjawab soal
dengan benar dan memenuhi 3 indikator pada level 1. Untuk literasi matematis
kategori gaya belajar auditorial dapat menjawab soal dengan benar dan memenuhi
3 indikator pada level 1, 4 indikator pada level 2 dan 2 indikator pada level 3.
literasi matematis kategori gaya belajar kinestetik dapat menjawab soal dengan
benar dan memenuhi 3 indikator pada level 1, 4 indikator pada level 2, 2 indikator
pada level 3 dan 6 indikator pada level 4. Selain untuk mengetahui kemampuan
literasi matematis, penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi
kemampuan lietrasi matematis siswa. Data diambil dari penyebaran angket/
kuisioner.
Kata kunci : Analisis, Literasi Matematis, Gaya Belajar,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:15
Last Modified: 24 Jan 2024 02:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1776

Actions (login required)

View Item
View Item