ANALISIS IMPLEMENTASI KONSEP WELL-BEING SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA KABUPATEN PEMALANG

Inayah, Ulief (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI KONSEP WELL-BEING SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA KABUPATEN PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Ulief Inayah 19320061.pdf] Text
Ulief Inayah 19320061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Sekolah yang baik merupakan sekolah yang diharapkan mampu memberikan
pengalaman terbaik kepada siswa, sehingga siswa merasa baik secara fisik dan
mental, karena kesejahteraan (Well-Being) siswa mempengaruhi hampir setiap
optimalisasi kegiatan siswa di Sekolah. Kebahagiaan dan kepuasan hidup yang
dialami siswa di sekolah merupakan faktor penting untuk melihat seberapa tinggi
kesejahteraan (Well-Being) mental siswa tersebut. Pengalaman sekolah yang tidak
menyenangkan dapat menjadi sumber utama stres dan memengaruhi kualitas hidup
siswa. Hubungan yang positif antara siswa dan guru sangat penting untuk
menciptakan suasana belajar yang baik karena siswa menghabiskan sebagian besar
waktunya di sekolah dan dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penerapan konsep well-being siswa dalam pembelajaran biologi di SMA Kabupaten
Pemalang. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri dan Swasta di
tengah dan tepi Kabupaten Pemalang dengan jumlah 221 siswa. Teknik
pengambilan sampel yang diguanakan dalam penelitian ini adalah purposive
sampling. Dalam penelitian ini menggunakan instrument lembar observasi sekolah,
lembar wawancara guru dan lembar angket siswa. Dari hasil penelitian ini
menunjukan bahwa rata-rata secara keseluruhan siswa SMA di kabupaten
Pemalang yaitu sebesar 72,8 yang mana termasuk dalam kategori “Tinggi”. Dilihat
dari range kategori siswa, bahwa rata-rata tiap SMA yaitu SMA Negri 3 Pemalang
sebesar 77,5 “Tinggi”, SMA Negeri 1 Bantarbolang sebesar 72,9 “Cukup”, SMA
Muhammadiah 2 Pemalang sebesar 60,4 “Cukup” dan SMA PGRI 1 Taman sebesar
75,6 “Tinggi”. Bahwa hasil penelitian penerapan konsep Kesejahteraan Siswa SMA
di Kabupaten Pemalang adalah baik. Dikatakan berhasil bukan karena berstatus
sekolah negeri atau swasta dan berada di tengah atau di pinggir kabupaten,
melainkan kultur atau faktor budaya yang dibangun dari masing-masing sekolah.
Kata kunci: Konsep Well-Being, Heving, Loving, Being, Health

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:08
Last Modified: 24 Jan 2024 02:08
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1773

Actions (login required)

View Item
View Item