ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA BILANGAN PECAHAN KELAS 5 DI SD N 2 PURWOKERTO

Perdana, Tsaqib Hilmy (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA BILANGAN PECAHAN KELAS 5 DI SD N 2 PURWOKERTO. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of TSAQIB HILMY PERDANA 17120247.pdf] Text
TSAQIB HILMY PERDANA 17120247.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perdana Hilmy Tsaqib 2023, Analisis Kesulitan Belajar Matematika
Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Bilangan Pecahan Kelas 5 Di SDN 2
Purwokerto. Tujuan dicapai di penelitian ini adalah menganalisis kesulitan belajar
matematika penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan kelas 5 di SDN
2 Purwokerto
Mengetahui alternatif dari kesulitan belajar matematika penjumlahan dan
pengurangan pada bilangan pecahan kelas 5 di SDN 2 Purwokerto dapat mengatasi
kekurangi tingkat kesalahan dan mengatasi kesulitan siswa dalam belajar pecahan
bilangan matematika.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah motode deskriptif, yaitu
penelitian yang berusaha untuk mendeskripsikan suatu gejala peristiwa atau
kejadian secara sistematis dan akurat mengenai sifat-sifat populasi atau daerah
tertentu. Penelitian bersifat kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk
memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya
perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, secara holistic dengan cara deskripsi dalam
bentuk kata-kata atau bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan
memanfaatkan berbagai metode alamiah.
Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu persiapan
penelitian dan pengambilan data. Persiapan Penelitian; Pada tahap persiapan
penelitian yang dilakukan adalah mendapatkan data kelas yang menjadi subjek
penelitian. Pengambilan data penelitian, Pada tahap pengambilan data yang
dilakukan yaitu menganalisis hasil tes uraian, mewawancarai peserta didik dan
mengobservasi secara langsung pada saat kegiatan belajar mengajar (untuk
mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan kesulitan belajar matematika).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:06
Last Modified: 24 Jan 2024 02:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1771

Actions (login required)

View Item
View Item