PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN TOP PASS BOUNCE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLA VOLI KELAS VI SDN 3 PLAWANGAN

Apriyanto, Roy (2023) PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN TOP PASS BOUNCE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLA VOLI KELAS VI SDN 3 PLAWANGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ROY APRIYANTO 21236043.pdf] Text
ROY APRIYANTO 21236043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Roy Apriyanto “Pengaruh modifikasi permainan top pass bounce untuk
meningkatkan keterampilan passing atas bola voli putri kelas VI SDN 3
Plawangan” Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi
Universitas PGRI Semarang.
Pendidikan jasmani memberikan kesempatan pada siswa untuk terlibat
langsung dalam aneka pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, bermain, dan
berolahraga yang dilakukan secara sistematis, terarah, dan terencana. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada
pembelajaran passing atas melalui permainan volsal di kelas VI SD Negeri 3
Plawangan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang. Peneliti merencanakan
penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Rancangan
penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan
perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VI SD Negeri 3 Plawangan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, metode dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan top pass bounce, hasil
belajar siswa siklus I menunjukkan bahwa 50% atau 5 siswa mencapai ketuntasan
belajar dan 50% atau 5 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar.
Hasil belajar siswa siklus II menunjukkan bahwa 90% atau 8 siswa
mencapai ketuntasan belajar dan 10% atau 2 siswa yang belum mencapai
ketuntasan belajar. Karena persentase ketuntasan klasika hasil belajar siswa
melampaui 80%, Penelitian tindakan kelas ini telah mencapai indicator
keberhasilan.
Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran melalui permainan top
pass bounce dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 3
Plawangan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Saran peneliti meliputi beberapa hal, yaitu: (1) permainan top pass bounce dapat
menjadi alternatif bagi guru penjasorkes untuk diterapkan pada materi passing
atas, (2) guru hendaknya mengkondisikan siswa agar dapat mengikuti
pembelajaran dengan efektif, dan tidak terlalu lama bermain sehingga menyita
waktu pelajaran.
Kata Kunci : Top Pass Bounce, Passing Atas, Bola spon,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:59
Last Modified: 24 Jan 2024 01:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item
View Item