PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN PADA KURIKULUM MERDEKA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

AZIGHAH, NA’ILA NAHDA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN PADA KURIKULUM MERDEKA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NA'ILA NAHDA AZIGHAH 19120211.pdf] Text
NA'ILA NAHDA AZIGHAH 19120211.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

NA’ILA NAHDA AZIGHAH. NPM 19120211. “Pengembangan Media
Pembelajaran Monopoli Materi Perkembangbiakan Tumbuhan pada Kurikulum
Merdeka untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dosen Pembimbing I Sunan Baedowi, S.Pd.I.,
M.Si. Dosen pembimbing II Wawan Priyanto, S.Pd., M.Pd. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurang maksimalnya
pembelajaran IPAS materi perkembangbiakan tumbuhan karena kurangnya media
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, kekurangan ini menyebabkan
siswa menjadi tidak antusias, mudah bosan dan tidak aktif dalam proses
pembelajaran.
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan
media pembelajaran monopoli, menganalisis kevalidan dan menganalisis
kepraktisan pada media pembelajaran monopoli materi perkembangbiakan
tumbuhan pada Kurikulum Merdeka untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and
Development (RnD). Teknik pengumpulan data dengan skala Likert dan Guttman.
Model Penelitian yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Develop,
Implement, Evaluate). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
wawancara, observasi, dan angket. Subjek penelitian yaitu 28 siswa dan 1 guru
kelas IV SD 01 Kalicari Semarang.
Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa media
pembelajaran monopoli dengan penilaian kevalidan ahli media sebesar 96%
dengan kriteria “Sangat Layak” dan hasil validasi ahli materi sebesar 96% dengan
kriteria “Sangat Layak”. Hasil penilaian kepraktisan berdasarkan hasil angket
tanggapan guru sebesar 97% dengan kriteria “Sangat Layak” dan hasil angket
tanggapan siswa sebesar 98% dengan kriteria “Sangat Layak”.
Dengan demikian media pembelajaran monopoli dapat dikatakan valid dan
praktis, dan dapat dipergunakan secara maksimal dalam menyampaikan materi
Perkembangbiakan Tumbuhan karena media pembelajaran monopoli dibuat sesuai
dengan kebutuhan siswa kelas IV Sekolah Dasar yang senang bermain sambil
belajar.
Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Kurikulum Merdeka, Media
pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:01
Last Modified: 24 Jan 2024 02:01
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1761

Actions (login required)

View Item
View Item