PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI DESAIN GRAFIS BERBASIS APLIKASI MOBILE ANDROID MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO

ZAIDAN, MOHAMMAD ZAKI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI DESAIN GRAFIS BERBASIS APLIKASI MOBILE ANDROID MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of MOHAMMAD ZAKI ZAIDAN 19340006.pdf] Text
MOHAMMAD ZAKI ZAIDAN 19340006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi
Desain Grafis berbasis aplikasi mobile Android menggunakan Android Studio.
Tujuan utama penelitian adalah (1) mengeksplorasi proses pengembangan media
pembelajaran Desain Multimedia dengan fokus pada implementasi Android Studio
dalam pembelajaran kelas, dan (2) menilai kelayakan media pembelajaran tersebut
bagi siswa. Proses pengembangan melibatkan tahap analisis kebutuhan,
perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi, dan revisi. Android Studio
digunakan sebagai alat utama untuk menghasilkan aplikasi mobile Android yang
mendukung pembelajaran Desain Grafis. Hasil penelitian menunjukan bahwa
aplikasi pembelajaran desain grafis dianggap layak setelah dinilai oleh ahli media
dan materi. Kedua ahli memberikan nilai "Layak" dengan persentase 71% dan 75%.
Uji coba dilakukan dengan melibatkan 30 siswa responden, yang menunjukkan nilai
keseluruhan sebesar 81,4%, termasuk dalam kriteria "Sangat Layak". Hasil ini
menunjukan bahwa media pembelajaran Desain Multimedia berbasis Android
Studio dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas.
Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Desain Grafis, Android Studio,
Aplikasi Mobile Android.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 08:10
Last Modified: 03 Jan 2024 08:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/176

Actions (login required)

View Item
View Item