PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BAB 3 MUATAN PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR

SA’DIYAH, NADIYATUS (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BAB 3 MUATAN PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NADIYATUS SA’DIYAH 19120361.pdf] Text
NADIYATUS SA’DIYAH 19120361.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

NADIYATUS SA’DIYAH. NPM 19120361. “Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar BAB 3 muatan pembelajaran IPAS
Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I
Wawan Priyanto, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Muhammad Arief Budiman,
S.S., M.Hum. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah penggunaan
perangkat pembelajaran yang belum optimal sehingga keaktifan siswa masih
rendah dalam pembelajaran. Selain itu kurangnya perangkat pembelajaran
Kurikulum Merdeka Belajar muatan pembelajaran IPAS yang dimiliki oleh
sekolah juga masih kurang. Maka dari itu guru dan siswa memerlukan perangkat
pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar yang lengkap dan sistematis.
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan, menganalisis
karakteristik, kevalidan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran Kurikulum
Merdeka Belajar Bab 3 Muatan Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar.
Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan (R
& D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop,
Implemetation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD
Negeri 2 Bucu.
Hasil penelitian kevalidan diperoleh dari validasi materi dan media. Hasil
persentase nilai yang diperoleh dari validasi materi adalah 98% dengan kriteria
“sangat layak” dan hasil persentase nilai yang diperoleh dari validasi media adalah
89% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil angket respon siswa kelas IV SD
Negeri 2 Bucu mendapatkan persentase nilai sebesar 98% dengan kriteria “sangat
layak” dan angket respon guru kelas IV SD Negeri 2 Bucu mendapatkan
persentase nilai sebesar 100% dengan kriteria “sangat layak”. Sehingga dapat
disimpulkan jika perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Bab 3
Muatan Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar valid dan praktis digunakan
di kelas IV Sekolah Dasar.
Berdasarkan hasil penelitian ini, perangkat pembelajaran pembelajaran
Kurikulum Merdeka valid dan praktis untuk digunakan oleh peserta didik pada
Bab 3 Muatan Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN 2 Bucu.
Kata Kunci : Penelitian dan pengembangan, Kurikulum Merdeka, Perangkat
Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 08:20
Last Modified: 22 Jan 2024 08:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item
View Item