PUSPITASARI, NADIA AMALIA DARA (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA SUHU DAN KALOR SISWA KELAS V SD ISLAM PESANGGRAHAN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
NADIA AMALIA DARA PUSPITASARI 18120015.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
NADIA AMALIA DARA PUSPITASARI. NPM 18120015. “Efektivitas
Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada
Subtema Suhu dan Kalor Siswa Kelas V SD Islam Pesanggrahan”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2022/2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah menunjukkan bahwa
tingkat belajar siswa masih tergolong rendah, sehingga masih banyak siswa yang
mendapatkan nilai dibawah KKM, kegiatan siswa Ketika pembelajaran tidak aktif
dan kemandirian peserta didik masih kurang.
Permasalahan penelitian ini adalah “Bagaimanakah efektifitas model
pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada
Subtema Suhu dan Kalor Siswa Kelas V SD Islam Pesanggrahan?”. Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model
pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada
Subtema Suhu dan Kalor Siswa Kelas V SD Islam Pesanggrahan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen kuantitatif dan menggunakan desain PreExperimental Desaigns
dengan bentuk One-Grup Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan
dalam penelitian adalah seluruh kelas V tahun pelajaran 2023/2023. Sampel yang
diambil adalah 25 siswa dengan menggunakan Teknik Random Sampling. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa setelah
diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang
dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest. Rata-rata pretest 48,40 sedangkan rata�rata posttest 83,6. Hal ini dibuktikan dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan t
hitung > t tabel yaitu 30,04 > 2,060 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning efektifitas
dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Subtema Suhu dan Kalor Siswa Kelas V
SD Islam Pesanggrahan.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah supaya
model Discovery Learning dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru
dalam mengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Discovery Learning, subtema suhu dan kalor, tingkat hasil belajar
siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 08:11 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 08:11 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1748 |