PRATIWI, SUKMA EKA (2023) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BERBASIS OUTBOUND DALAM KARAKTER KOMUNIKATIF KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SUKMA EKA PRATIWI 19120263.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah belum terlaksananya
model permainan berbasis outbound dalam karakter komunikatif secara maksimal
dan kurangnya komunikasi antara siswa dengan guru serta siswa dengan siswa.
Oleh karena itu guru dan siswa perlu menerapkan model permainan berbasis
outbound yang di dalamnya terdapat nilai karakter komunikatifnya untuk kelas 5
Sekolah Dasar. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah pengembangan
model permainan berbasis outbound dapat meningkatkan karakter komunikatif
pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar?. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan model permainan berbasis outbound dalam meningkatkan
karakter komunikatif pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar..
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan oleh Borg &
Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SD N 1
Klopoduwur pada tahu 2022/2023. Sampel yang diamati adalah 29 siswa kelas 5.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini diperoleh melalui hasil validasai ahli model dengan
rata-rata keidealan 92,5% dengan kategori “Sangat Baik” dan sangat layak
digunakan sebagai model permainan berbasis outbound, sedangkan ahli materi
dengan rata-rata keidealan 90% dengan kategori “Sangat Baik” dan sangat layak
digunakan sebagai model permainan berbasis outbound, sedangkan respon siswa
sebesar 100% dengan kategori “Sangat Baik”. Sedangkan respon guru sebesar
98,21% dengan kategori “Sangat Baik”. Kesimpulannya bahwa model permainan
berbasis outbound dalam karakter komunikatif yang dikembangkan peneliti
termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
penggunaan model permainan berbasis outbound yang dikembangkan dapat
dijadikan sebagai alternatif untuk dapat meningkatkan karakter komunikatif pada
siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 08:03 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 08:03 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1739 |