Pranoto, Sujarwo Hadi (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GENENG 3 KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SUJARWO HADI PRANOTO 21236002.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Latar belakang penulisan skripsi ini adalah tidak tuntasnya hasil belajar
lempar cakram pada siswa Kelas V SDN Geneng 3 Kecamatan Mijen Kabupaten
Demak, karena nilai siswa yang masih dibawah KKM yaitu 75. Berdasarkan
uraian dilatar belakang masalah : Apakah Melalui Permainan lempar cakram
Siswa Kelas V SDN Geneng 3 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak?. Penelitian
bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan lempar cakram melalui
permainan cakram kasti siswa kelas V SDN Geneng 3 Kecamatan Mijen
Kabupaten Demak.
Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas, penelitian ini terdiri dari dua
siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V semester II SDN Geneng 3
Kecamatan Mijen Kabupaten Demak yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 13
siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik analisa data yang digunakan
adalah Prosentase dan Instrumen lempar cakram melalui permainan kasti voli.
Hasil penelitian pada Siklus I setelah diterapkan pembelajaran lempar
cakram ketercapaian materi aspek kognitif mencapai 85%, aspek afektif mencapai
90%, aspek psikomotor mencapai 74%, namun ketuntasan belajar siswa hanya
mencapai 68% saja. Sehingga dinyatakan belum berhasil. Sedangkan pada siklus
II ketercapaian aspek kognitif mencapai 90%, aspek afektif mencapai 79,6%,
aspek psikomotor mencapai 79,04%, prosentase ketuntasan siswa sudah mencapai
96%.
Kesimpulan Ketercapaian kriteria ketuntasan kelas sebesar 96% maka dapat
diambil kesimpulan bahwa tindakan penerapan bermain lempar cakram pada
siswa kelas V Semester II SDN Geneng 3 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak
Tahun pelajaran 2022/2023 dapat dinyatakan berhasil. Beberapa saran peneliti
pemerintah hendaknya mendukung segala bentuk pengembangan potensi guru
penjas di setiap daerah-daerah. Dalam memberikan pembelajaran agar mudah
dipahami oleh siswa, harus bervariasi, kreatif dalam pembelajaran. Bagi siswa
hendaknya harus lebih rajin dalam mengikuti pembelajaran, agar pembelajaran
dapat berjalan dengan baik.
Kata kunci : Peningkatan hasil belajar ,Lempar Cakram, Siswa kelas v
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 07:49 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 07:50 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1731 |