PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GENENG 3 KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK

Pranoto, Sujarwo Hadi (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GENENG 3 KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SUJARWO HADI PRANOTO 21236002.pdf] Text
SUJARWO HADI PRANOTO 21236002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah tidak tuntasnya hasil belajar
lempar cakram pada siswa Kelas V SDN Geneng 3 Kecamatan Mijen Kabupaten
Demak, karena nilai siswa yang masih dibawah KKM yaitu 75. Berdasarkan
uraian dilatar belakang masalah : Apakah Melalui Permainan lempar cakram
Siswa Kelas V SDN Geneng 3 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak?. Penelitian
bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan lempar cakram melalui
permainan cakram kasti siswa kelas V SDN Geneng 3 Kecamatan Mijen
Kabupaten Demak.
Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas, penelitian ini terdiri dari dua
siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V semester II SDN Geneng 3
Kecamatan Mijen Kabupaten Demak yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 13
siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik analisa data yang digunakan
adalah Prosentase dan Instrumen lempar cakram melalui permainan kasti voli.
Hasil penelitian pada Siklus I setelah diterapkan pembelajaran lempar
cakram ketercapaian materi aspek kognitif mencapai 85%, aspek afektif mencapai
90%, aspek psikomotor mencapai 74%, namun ketuntasan belajar siswa hanya
mencapai 68% saja. Sehingga dinyatakan belum berhasil. Sedangkan pada siklus
II ketercapaian aspek kognitif mencapai 90%, aspek afektif mencapai 79,6%,
aspek psikomotor mencapai 79,04%, prosentase ketuntasan siswa sudah mencapai
96%.
Kesimpulan Ketercapaian kriteria ketuntasan kelas sebesar 96% maka dapat
diambil kesimpulan bahwa tindakan penerapan bermain lempar cakram pada
siswa kelas V Semester II SDN Geneng 3 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak
Tahun pelajaran 2022/2023 dapat dinyatakan berhasil. Beberapa saran peneliti
pemerintah hendaknya mendukung segala bentuk pengembangan potensi guru
penjas di setiap daerah-daerah. Dalam memberikan pembelajaran agar mudah
dipahami oleh siswa, harus bervariasi, kreatif dalam pembelajaran. Bagi siswa
hendaknya harus lebih rajin dalam mengikuti pembelajaran, agar pembelajaran
dapat berjalan dengan baik.
Kata kunci : Peningkatan hasil belajar ,Lempar Cakram, Siswa kelas v

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:49
Last Modified: 22 Jan 2024 07:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1731

Actions (login required)

View Item
View Item