PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING MATEMATIKA MENGGUNAKAN VIRTUAL REALITY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SMP

Sugiarto, Sugiarto (2023) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING MATEMATIKA MENGGUNAKAN VIRTUAL REALITY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Sugiarto 18310007.pdf] Text
Sugiarto 18310007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kurangnya inovasi media pembelajaran yang variatif dan mudah
digunakan dalam pembelajaran sebagai penyesuaian perkembangan teknologi.
Media pembelajaran yang sederhana bersifat satu arah sehingga menyebabkan
kurangnya kemampuan spasial siswa. Karena hal tersebut, peneliti mencoba
mencari sebuah solusi dengan mengembangkan mobile learning matematika
menggunakan virtual reality dalam meningkatkan kemampuan spasial siswa pada
materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengembangan mobile learning matematika menggunakan virtual reality yang
valid (layak) dan praktis digunakan dalam pembelajaran matematika , dan
mengetahui penggunaan mobile learning matematika menggunakan virtual reality
yang efektif dalam meningkatkan kemampuan spasial siswa. Jenis Penelitian
adalah penelitian Research and Development. Pada penelitian ini menggunakan
model pengembangan ADDIE dengan desain penelitian pretest dan posttest kelas
eksperimen dan kontrol. Sebelum diuji cobakan media pembelajaran terlebih
dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil dari validasi
ahli media dan ahli materi berkriteria sangat baik, yaitu untuk ahli media 87% dan
ahli materi 94%. Media tersebut valid (layak) digunakan dalam pembelajaran.
Dari hasil uji coba penggunaan media dapat disimpulkan bahwa mobile learning
matematika menggunakan virtual relity efektif dalam meningkatkan kemampuan
spasial siswa dilihat dari ketuntasan belajar siswa ≥ 75%, hasil belajar kelas
eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dan terjadi peningkatan kemampuan
spasial siswa yang dihitung menggunakan uji N-Gain. Dari hasil penilaian angket
respon siswa mendapat skor 92%, media tersebut praktis digunakan dalam
pembelajaran.
Kata kunci: Mobile Learning, Kemampuan Spasial, Virtual Reality

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:45
Last Modified: 22 Jan 2024 07:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1730

Actions (login required)

View Item
View Item