DESKRIPSI KECEMASAN MATEMATIKA SISWA SMP DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

MUTHOHHAROH, LULUK KHIKMAH (2023) DESKRIPSI KECEMASAN MATEMATIKA SISWA SMP DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LULUK KHIKMAH MUTHOHHAROH 16310124.pdf] Text
LULUK KHIKMAH MUTHOHHAROH 16310124.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kecemasan matematika merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kinerja akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecemasan matematika siswa berdasarkan jenis kelamin di SMP Institut Indonesia Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengidentifikasi tema-tema utama yang muncul dari data. Analisis data dibantu Software QSR Nvivo. Delapan peserta didik kelas VIII dipilih sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui pengisian angket Kecemasan Matematika (AKM) dan wawancara dengan subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kecemasan matematika tinggi mengalami kesulitan konsentrasi, rendahnya tingkat kepercayaan diri, cenderung menghindari tugas matematika, dan mengalami gejala fisik yang terkait dengan kecemasan. Dukungan dan bimbingan yang tepat dapat membantu mengatasi kecemasan siswa matematika dan meningkatkan kinerja akademik mereka. Siswa perempuan dengan kecemasan matematika tinggi mengalami kesulitan konsentrasi, rendahnya tingkat kepercayaan diri, menghindari tugas matematika, dan mengalami gejala fisik yang terkait dengan kecemasan matematika. Sementara itu, siswa laki-laki dengan kecemasan matematika rendah memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, merasa nyaman dan percaya diri dalam menghadapi tugas matematika, serta memiliki persepsi positif dan motivasi tinggi dalam belajar matematika. Siswa perempuan dengan kecemasan matematika rendah memiliki perasaan tidak nyaman, cemas, dan khawatir terhadap matematika, namun juga memiliki keyakinan yang kuat dalam kemampuan matematika mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:37
Last Modified: 22 Jan 2024 07:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1728

Actions (login required)

View Item
View Item