PENERAPAN TEKNIK AKROSTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 43 SEMARANG

MUSAROFAH, MUSAROFAH (2023) PENERAPAN TEKNIK AKROSTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 43 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MUSAROFAH 19410024.pdf] Text
MUSAROFAH 19410024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis puisi
pada peserta didik kelas VIII SMP N 43 Semarang, khususnya dalam menulis puisi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah penerapan teknik akrostik
dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas VIII SMP N 43
Semarang. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan
teknik akrostik dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas VIII
SMP N 43 Semarang.
Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik
tes dan nontes. Teknik tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
memberikan tes secara individu untuk mendapatkan data kemampuan menuli puisi.
Teknik nontes dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Teknik tes
yang dilakukan dengan cara memberi soal esai menulis puisi yang dikerjakan secara
individu.
Hasil penelitian menujukan bahwa pembelajaran menulis puisi
menggunakan teknik akrostik mampu membuat peserta menjadi lebih imajinatif,
semangat dan lebih mudah menyampaikan ide-ide kreatif untuk menulis puisi.
Selain itu, nilai peserta didik telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal
(KKM) yaitu 76.
Kata kunci: penerapan, teknik akrostik, puisi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:48
Last Modified: 22 Jan 2024 07:48
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1726

Actions (login required)

View Item
View Item