UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN DO’A DALAM SHOLAT MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B DI RA MISBACHUSSUNAN TLOGOWERU GUNTUR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023

WARTI, SRI (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN DO’A DALAM SHOLAT MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B DI RA MISBACHUSSUNAN TLOGOWERU GUNTUR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SRI WARTI  20156045.pdf] Text
SRI WARTI 20156045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anak-anak RA Misbachussunan kemampuan hafalan do‟a dalam sholatnya
masih rendah. Untuk itu perlu ditingkatkan melalui metode bermain peran. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan hafalan do‟a dalam sholat
pada anak kelompok B di RA Misbachussunan Tlogoweru Guntur Demak Tahun
Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester I selama 3 bulan
yang dimulai bulan Oktober sampai bulan Desember 2022, bertempat di RA
Misbachussunan Tlogoweru Guntur Demak. Subjek penelitian ini adalah anak
kelompok B yang berjumlah 24 anak yang terdiri atas 13 anak laki-laki dan 11
anak perempuan. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang
terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) membuat
perencanaan, (2) melakukan tindakan, (3) mengadakan pengamatan, (4)
merefleksi hasil pengamatan tindakan. Setiap siklus dilaksanakan tiga kali
pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis
dengan menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hafalan do‟a dalam sholat dapat ditingkatkan melalui metode
bermain peran. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah anak yang
menghafal do‟a dalam sholat dalam setiap kali pertemuan baik dalam siklus I
maupun siklus II. Pada awal tindakan terdapat 5 anak yang berkembang sesuai
harapan mampu menghafal do‟a dalam sholat. Sedangkan pada akhir tindakan 21
anak dapat menghafal do‟a dalam sholat dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian
dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa hafalan do‟a dalam sholat anak
kelompok B RA Misbachussunan Tlogoweru Guntur Demak Semester I Tahun
Pelajaran 2022/2023 dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:56
Last Modified: 22 Jan 2024 06:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1720

Actions (login required)

View Item
View Item