UPAYA MENINGKATKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN DEMAK

SUPRIYANTI, SRI (2023) UPAYA MENINGKATKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SRI SUPRIYANTI 20156022.pdf] Text
SRI SUPRIYANTI 20156022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Yang melatar belakangi dalam mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan sosial emosional pada anak. Ini disebabkan kurangnya media yang
menarik dalam meningkatkan aspek perkembangan sosial emosional anak.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya meningkatkan
aspek sosial emosional anak melalui media video animasi pada usia 5-6 tahun di
Tk Negeri Pembina Kabupaten Demaktahun pelajaran 2022/2023. Penelitian
tindakan kelas ini di buat dengan tujuan untuk meningkatkan aspek sosial
emosional anak melalui media video animasi pada usia 5-6 tahun di TK Negeri
Pembina Kabupaten Demaktahun pelajaran 2022/2023. Adapun Subjek penelitian
berjumlah 16 anak yang terdiri dari 6 laki laki dan 10 perempuan. Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam penelitian
ini digunakan teknik
Pengumpulan data berupa lembar observasi (Cecklist) dan wawancara. Teknik
analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Peningkatan kemampuan sosial emosional anak dapat dikatakan berhasil
apabila presentase kemampuan sosial emosional anak mencapai 75 %. Hasil
penelitian ini membuktikan bahwa media Video Animasi dapat meningkatkan
kemampuan sosial emosional anak pada TK Negeri Pembina Kabupaten Demak.
Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan sosial emosional anak
dari pra tindakan sebesar 43,75 % pada siklus I meningkat sebesar 68,75 % dan
pada siklus 2 meningkat sebesar 87,5 %.
Kesimpulannya yaitu bahwa media Video Animasi dapat meningkatkan
kemampuan sosial emosional anak. berdasarkan hasil penelitian ini saran yang
dapat disampaikan adalah guru dapat menggunakan media Video Animasi yang
lebih beragam dalam kegiatan pembelajaran Aspek sosial emosional yang dapat
meningkatkan kemampuan sosial emosional anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:53
Last Modified: 22 Jan 2024 06:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1718

Actions (login required)

View Item
View Item