KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TGT B ERBANTU MEDIA “JAM SUDUT” DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATERI SUDUT KELAS III SEKOLAH DASAR

Lestari, Mukti (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TGT B ERBANTU MEDIA “JAM SUDUT” DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATERI SUDUT KELAS III SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Mukti Lestari 19120001.pdf] Text
Mukti Lestari 19120001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Mukti Lestari, “Keefektifan Model Pembelajaran TGT Berbantu Media
“Jam Sudut” Ditinjau Dari Hasil Belajar Materi Sudut Kelas III Sekolah Dasar”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang, 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah minat siswa dalam
mengikuti pembelajaran masih rendah, guru tidak menerapkan model
pembelajaran yang tepat, tidak adanya penggunaan media pembelajaran, serta
hasil belajar siswa pada materi sudut yang masih rendah. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengkaji dan mengidentifikasi efektif atau tidaknya model
pembelajaran TGT berbantu Media Jam Sudut ditinjau dari hasil belajar kelas III
Sekolah Dasar. Model pembelajaran TGT dapat dikatakan efektif jika memenuhi
empat indikator sebagai berikut: kemampuan guru mengelola pembelajaran pada
kategori baik, aktivitas peserta didik pada kategori aktif, respon peserta didik
terhadap pembelajaran terlihat senang, serta ketuntasan hasil belajar materi sudut.
Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalahnya sebagai berikut.
(1)Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran materi Sudut
dengan model TGT berbantu jam sudut? (2)Bagaimana aktivitas peserta didik
pada pembelajaran Sudut dengan model TGT berbantu jam sudut? (3)Bagaimana
respon peserta didik dalam pembelajaran materi sudut dengan model TGT
berbantu jam sudut? (4)Apakah hasil belajar siswa pada materi Sudut dengan
model TGT berbantu jam sudut sudah mencapai ketuntasan belajar?
Penelitian ini menggunakan penelitian gabungan dengan desain Sequential
Exploratory. Desain Sequential Exploratory merupakan jenis penelitian gabungan
dengan membahas data secara kualitatif kemudian dilanjutkan dengan membahasa
data secara kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
pennelitian gabungan, yaitu: observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik
analisis data kualitatif dilakukan dengan melalui empat tahapan yaitu
pengumpulan data, reduksi data, display data, serta menarik kesimpulan. Data
kuantitatif dianalisis dengan uji normalitas, Uji –T, dan uji peningkatan hasil
belajar (uji N- Gain).
Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran TGT efektif ditinjau
dari hasil belajar materi sudut di Sekolah Dasar. Model TGT berbantu media jam
sudut pada pembelajaran sudut di kelas III Sekolah Dasar dikatakan efektif,
karena sudah memenuhi empat indikator yaitu (1) Kemampuan guru dalam
mengelola pembelajaran dinilai sudah sangat baik. (2) Aktivitas siswa dalam
pembelajaran materi Sudut dengan model TGT berbantu media jam sudut
termasuk dalam kategori aktif. (3) Respon peserta didik dalam pembelajaran
materi sudut dengan model TGT berbantu media jam sudut diketahui bahwa siswa
merasa senang dalam mengikuti pembelajaran. (4) Hasil belajar siswa pada materi
Sudut dengan model TGT berbantu media jam sudut sudah mencapai ketuntasan
belajar.
Saran dari penelitian ini adalah guru sebaiknya menggunakan model
pembelajaran yang bervariasi dan sesuai karakteristik siswa sekolah dasar salah
satunya menerapkan model TGT berbantu media jam sudut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:49
Last Modified: 22 Jan 2024 06:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1717

Actions (login required)

View Item
View Item