PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITA UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWI KELAS X TEKNIK PERMESINAN DI SMK N 5 SEMARANG

SAFARROH, INDRIANI EKA (2023) PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITA UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWI KELAS X TEKNIK PERMESINAN DI SMK N 5 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of INDRIANI EKA SAFARROH 19110103.pdf] Text
INDRIANI EKA SAFARROH 19110103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Realita Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswi Kelas X Teknik Permesinan Di SMK N 5 Semarang dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat penyesuaian diri siswi kelas X Teknik Permesinan di SMK N 5 Semarang, hal tersebut ditandai dengan hasil data analisis kebutuhan peserta didik kelas X Teknik Permesinan yang prosentase tertinggi pada butir item “Saya merasa kesulitan dalam memahami pelajaran tertentu”, dengan prosentase 3,69% serta butir item “Saya kurang memiliki rasa percaya diri” dengan prosentase 3,56%. Serta hasil dari angket pada awal observasi, pada tanggal 2 Desember 2022, ditemukan adanya indikasi bahwa beberapa siswi perempuan di kelas X Teknik Permesinan mengalami ketidakmampuan melakukan penyesuaian diri. Khususnya penyesuaian diri terhadap pribadi dan sosial, atau pada lingkungan sekolah, pada item nomor satu yaitu siswi belum dapat menerima kekurangan serta kelebihan yang ada dalam diri siswi. Serta pada pernyataan item nomor dua yaitu siswi belum mampu menerima kenyataan bahwa mereka mengampu jurusan teknik permesinan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh konseling kelompok pendekatan realita untuk meningkatkan penyesuaian diri siswi kelas X teknik permesinan di SMK N 5 Semarang?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok pendekatan realita terhadap penyesuaian diri siswi kelas X teknik permesinan di SMK N 5 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis metode eksperimen yang digunakan yaitu pre- experimental design one- group pretest-postest design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 24 siswa perempuan, pada kelas X teknik permesinan 1 dan 2. Teknik pengumpulan sampling pada penelitian ini adalah menggunakan pusposive sampling. Berdasrkan uji hipotesis, diperoleh hasil Sig. (2-tailed) signifikansi p = 0,001 < p= 0,05. Artinya bahwa Ho ditolak, artinya Ha diterima, sehingga ada pengaruh konseling kelompok realita terhadap penyesuaian diri siswi kelas X teknik permesinan di SMK N 5 Semarang.
Kata kunci : Konseling kelompok, Pendekatan realita, Penyesuaian Diri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:46
Last Modified: 22 Jan 2024 06:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1714

Actions (login required)

View Item
View Item