PENERAPAN MEDIA ZINE SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KONTROL EMOSI SISWA KELAS X SMAN 13 SEMARANG

RAIS, MUHAMMAD SIDQY (2023) PENERAPAN MEDIA ZINE SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KONTROL EMOSI SISWA KELAS X SMAN 13 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MUHAMMAD SIDQY RAIS 16110038.pdf] Text
MUHAMMAD SIDQY RAIS 16110038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Sidqy Rais. NPM 16110038: “Penerapan Media Zine Sebagai
Upaya Untuk Meningkatkan Kontrol Emosi Siswa Kelas X SMA N 13
Semarang” Skripsi. Progam Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Heri Saptadi Ismanto,
S.Pd., M.Pd. Kons. Pembimbing II Agus Setiawan, S.Pd., M.Pd
Kontrol emosi merupakan hal yang sangat penting bagi setiap individu, agar
mampu mengendalikan emosi disaat sedang menghadapi suatu masalah. Adanya
fenomena di SMA N 13 Semarang menunjukkan rendahnya pengendalian emosi di
sekolah, hal ini terlihat bahwa remaja mudah sekali tersinggung dan tidak mau
mengalah, serta ingin selalu menang sendiri. Untuk itu, kontrol emosi pada remaja
sangat diperlukan, agar remaja bisa mengelola emosinya. Dalam penelitian ini yang
dikaji yaitu apakah kontrol emosi siswa dapat ditingkatkan melalui layanan
bimbingan dan konseling dengan menggunakan media zine. Dan tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambara kontrol emosi remaja sebelum dan
sesudah diberi layanan bimbingan konseling dengan menggunakan media zine pada
remaja SMA N 13 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
Pre-Experimental Design dengan model one group pretest posttest design.
Penelitian ini, terdapat empat tahapan yaitu, pelaksanaan tryout, pelaksanaan
pretest, pelaksanaan treatment, dan juga posttest. Pada pelaksanaan tryout peneliti
menggunakan 32 butir soal skala tryout. Kemudian melakukan validasi butir item,
sehingga 24 soal dinyatakan valid dan digunakan sebagai butir soal pretest dan
posttest. Sampel dalam penelitian yaitu 22 siswa yang diambil menggunakan teknik
sampel jenuh. Hasil analisis dari penelitian ini dengan menggunakan uji paired t�test menunjukkan hasil signifikansi two tailed diperoleh ,045 yaitu kurang dari 0,05
artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat efektivitas media zine untuk
meningkatkan kontrol emosi pada siswa.
Kata Kunci: Media zine, kontrol emosi, siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:39
Last Modified: 22 Jan 2024 06:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item
View Item