EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MELALUI STEAM PADA KURIKULUM MERDEKA DI SDN PALEBON 01 SEMARANG

UMAMI, MUHAMMAD RIZAL (2023) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MELALUI STEAM PADA KURIKULUM MERDEKA DI SDN PALEBON 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MUHAMMAD RIZAL UMAMI 19120056.pdf] Text
MUHAMMAD RIZAL UMAMI 19120056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Rizal Umami. NPM 19120056. ―Efektivitas Pembelajaran Melalui
STEAM Pada Kurikulum Merdeka Di SDN Palebon 01‖ Skripsi. Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Henry Januar Saputra, S.Pd., M.Pd. dan Drs. Kiswoyo, MM. 2023
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru mengajar
dengan monoton, sering menggunakan gaya mengajar yang berulang-ulang sama
yaitu dengan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Guru belum
mencoba mengajar dengan menggunakan model pembelajaran yang variatif untuk
menunjang proses pembelajaran itu sendiri. Hasil belajar siswa pada kurikulum
merdeka pelajaran IPA rata-rata masih rendah. Siswa tidak aktif dalam
pembelajaran dan cenderung bosan dalam menerima pelajaran. Tujuan penelitian
adalah utk mengetahui efektfitas pembelajaan STEAM pada kurikulumm
merdeka terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Palebon 01 Semarang
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
penelitian Quasi eksperimental dengan bentuk nonequivalent control group
design Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN Palebon 01
berjumlah 45 siswa. Sampel semua siswa kelas IV SDN Palebon 01 berjumlah 22
siswa dengan menggunakan teknik jenis sampling jenuh. Variabel bebas adalah
Model STEAM dan variabel terikat adalah Hasil belajar IPA . Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui tes dan Non tes, tes. Analisi data adalah uji
instrumen, uji prasyarat analisis (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis
(uji t dan uji n-gain)
Hasil analisis data menunjukan bahwa Nilai rata-rata untuk kedua kelas
terdapat perbedaan di group statistic di kelas eksperimen sebesar 81.76,
sedangkan kelas kontrol sebesar 64,20. Nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 maka nilai
0,00 < 0,05. Nilai t hitung sebesar 5,740 Nilai ttabel sebesar 2,0167 maka nilai t
hitung > t tabel (5,740 > 2,0167). Maka hipotesis diterima. artinya terdapat
efektivitas model STEAM daripada pembelajaran langsung terhadap hasil
belajar IPA kelas IV pada kurikulum merdeka materi perubahan benda. Serta uji
n-gain menunjukan pembelajaran model STEAM diperoleh nilai n-gain persen
sebesar 66.83 yang ditafsirkan cukup efektif maka pemebelajaran model STEAM
cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV pada kurikulum
merdeka materi perubahan benda.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya model pembelajaran pemeblajaran STEAM dapat menjadi salah satu
referensi dan dapat digunakan guru dalam meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci : STEAM, Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:35
Last Modified: 22 Jan 2024 06:35
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1709

Actions (login required)

View Item
View Item