EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 GROBOGAN

FAZLURRAHMAN, MUHAMMAD IRHAM (2023) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Muhammad Irham Fazlurrahman 19110086.pdf] Text
Muhammad Irham Fazlurrahman 19110086.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Irham Fazlurrahman.19110086.“Efektivitas Layanan Konseling
Kelompok Menggunakan Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar
Siwa Kelas XII SMA Negeri 1 Grobogogan, Kabupaten Grobogan”. Skripsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I : Eka Sari Setianingsih S.Pd., M.Pd.
Pembimbing II : Ismah S.Ag., M.Pd.
Penelitian Efektivitas Konseling Kelompok menggunakan teknik relaksasi
untuk mengurangi kejenuhan belajar peserta didik kelas XII SMA Negeri 1
Grobogan, Kabupaten Grobogan di latar belakangi oleh tingginya tingkat
kejenuhan belajar pada pserta didik, hal ini dilihat dari hasil observasi yang
dilakukan di SMA Negeri 1 Grobogan Kabupaten Grobogan.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh
Efektivitas Konseling Kelompok menggunakan Teknik Relaksasi untuk
Mengurangi Kejenuhan Belajarpada Peserta Didik kelas XII SMA Negeri 1
Grobogan Kabupaten Grobogan.
Jenis Penelitian in merupakan penelitian kuantitatif dengan desain
penelitian Efektivitas. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII
di SMA Negeri 1 Grobogan dengan jumlah 288 peserta didik, kelas yang
diberikan pre-test yaitu XII 1-9, yang kemudian diambil delapan peserta didik
untuk diuji coba. Teknik pengambilan sampling pada penelitian ini yaitu teknik
random sampling yang diperoleh dari angket kejenuhan belajar.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konseling kelompok menggunakan
teknik relaksasi efektiv terhadap penurunan kejenuhan belajar pada peserta didik,
hal ini dibuktikan dari hasil uji paired sample t-test dengan probabilitas nilai sig.
(2-tailed)0,001<0,05. Serta dengan adanya perbedaan skor rata-rata angket
kejenuhan belajar 27,7500% dari hasil pretest dan posttest. Hal inimembuktikan
bahwa konseling kelompok menggunakan teknik relaksasi dapat untuk
mengurangi kejenuhan belajar pada peserta didik.
Kata Kunci : Konseling Kelompok, Relaksasi , Kejenuhan Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:17
Last Modified: 22 Jan 2024 06:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1699

Actions (login required)

View Item
View Item