ANALISIS KETERAMPILAN BERBAHASA EKSPRESIF PADA KEGIATAN LITERASI DENGAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA PESERTA DIDIK KELAS 4 SD N SENDANGGUWO 02 SEMARANG SEMESTER GENAP 2022/2023

ANDINI, SRI NUR (2023) ANALISIS KETERAMPILAN BERBAHASA EKSPRESIF PADA KEGIATAN LITERASI DENGAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA PESERTA DIDIK KELAS 4 SD N SENDANGGUWO 02 SEMARANG SEMESTER GENAP 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SRI NUR ANDINI 19120058.pdf] Text
SRI NUR ANDINI 19120058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pada kegiatan literasi ditemukan
peserta didik kelas 4 sebanyak 3 orang yang belum lancar membaca.
Keterampilan berbahasa ekspresif dengan pendekatan whole language pada
peserta didik kelas 4 yang berkaitan dengan pelaksanaan kegaiatan literasi.
Kemudian keterampilan berbahasa ekspresif pada kegiatan literasi dengan
pendekatan whole langauage ditemukan 2 dari 8 komponen pendekatan tersebut.
Rumusan permasalahan pada penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan
kegiatan literasi dan keterampilan berbahasa ekspresif pada peserta didik kelas 4
SD N Sendangwo 02 Semarang. Tujuan yang hendak dicapai adalah
mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan literasi dan keterampilan berbahasa
ekspresif dengan pendekatan whole language pada peserta didik kelas 4 SD N
Sendangguwo 02 Semarang semester genap 2022/2023.
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Penelitian dilakukan di SD N Sendangguwo 02 Semarang menggunakan sampel 5
peserta didik di kelas 4. Data dalam penelitian diperoleh melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil analisis penelitian diperoleh pelaksanaan literasi telah berjalan sesuai
dengan kurikulum merdeka di satuan pendidikan sekolah dasar. Pelaksanaan
literasi dilakukan 15 menit setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai.
Keterampilan berbahasa ekspresif pada kegiatan literasi dengan pendekatan whole
language pada peserta didik di kelas 4 SD N Sendangguwo 02 Semarang
membantu peserta didik kelas 4 untuk membentuk pengetahuan dan keterampilan
berbahasa ekspresi melalui membaca bebas secara pemahaman dan membaca
performa. Melalui literasi keterampilan berbahasa ekspresif menggunakan
pendekatan whole language
membuat kegiatan lebih menyenangkan dan
membebaskan peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
literasi pelaksanaannya berjalan dengan baik di SD N Sendangguwo 02 Semarang.
Keterampilan berbahasa ekspresif peserta didik kelas 4 meningkat dengan
menerapkan pendekatan whole language dalam segi kualitas kegiatan membaca
serta kegiatan membaca menjadi lebih bermakna.
Kata Kunci: Keterampilan Berbahasa Ekspresif;Literasi;Whole Language

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:11
Last Modified: 22 Jan 2024 06:11
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1691

Actions (login required)

View Item
View Item