RIKIDAYANTO, MUHAMMAD FAJAR (2023) PENERAPAN METODE PAIRED STORYTELLING BERBANTUAN NOVEL DUA GARIS BIRU KARYA LUCIA PRIANDARINI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN PADA PESERTA DIDIK KELAS IX MTS TAQWIYATUL WATHON DEMAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MUHAMMAD FAJAR RIKIDAYANTO 19410126.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Muhammad Fajar Rikidayanto. NPM 19410126. Penerapan Metode Paired
Storytelling Berbantuan Novel Dua Garis Biru karya Lucia Priandarini dalam
Pembelajaran Menulis Teks Cerpen pada Peserta Didik Kelas IX MTs Taqwiyatul
Wathon Demak Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi program studi Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang,
Pembimbing I Dr. Asropah, M.Pd., dan Pembimbing II Dr. Nazla Maharani Umaya,
S.S., M.Hum. Juli 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi suasana pembelajaran yang monoton dapat berupa
kurangnya variasi dalam metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik.
Metode pembelajaran yang monoton dapat menyebabkan pendidik merasa bosan dan
kurang tertarik dalam mempelajari materi pelajaran. Hal ini dapat berdampak negatif
pada motivasi dan kinerja peserta didik dalam belajar. Melihat kondisi tersebut perlu
diupayakan penerapan media tertentu untuk memberikan variasi dan ketertarikan
peserta didik dalam menulis sehingga memudahkan peserta didik dalam menulis teks
cerpen pada peserta didik kelas IX MTs Taqwiyatul Wathon Demak. Media yang
digunakan adalah media pembelajaran berupa novel. Media dapat membantu
pendidik dalam menjelaskan materi sehingga peserta didik dapat memahami materi
yang disampaikan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode
paired storytelling berbantuan novel Dua Garis Biru karya Lucia Priandarini dalam
pembelajaran menulis teks cerpen pada peserta didik kelas IX MTs Taqwiyatul
Wathon Demak Tahun Pelajaran 2022/2023. Adapun tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan penerapan media kartun dalam pembelajaran menulis teks cerpen
pada peserta didik kelas penerapan metode paired storytelling berbantuan novel Dua
Garis Biru karya Lucia Priandarini dalam pembelajaran menulis teks cerpen pada
peserta didik kelas IX MTs Taqwiyatul Wathon Demak Tahun Pelajaran 2022/2023.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik
tes dan nontes. Teknik tes dilakukan dengan cara memberikan soal tes untuk menulis
teks cerpen, dan teknik nontes dilakukan dengan melakukan observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas. Dari hasil yang
didapat berupa data tes dan nontes. Data tes yang diperoleh yaitu berupa nilai
rata-rata peserta didik mencapai 80,84 atau kategori baik dengan sebanyak 3 peserta
didik mendapatkan nilai tertinggi mencapai 90-93, dan sebanyak 4 peserta didik
mendapatkan nilai terendah sebesar 70-73.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah pendidik harus memperhatikan
penerapan metode dengan bantuan media yang tepat sehingga tujuan pembelajaran
dapat tercapai dengan optimal. Lingkungan yang dibangun pendidik harus
mendorong cara berpikir kreatif, inovatif, evaluasi kritis, dan cara pikir yang berdaya
guna.
Kata kunci: metode pembelajaran paired storytelling, penerapan, teks cerpen
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 04:54 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 04:54 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1688 |