KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PAPAN PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI BUMIAYU 02 PATI

WIJAYANTI, SRI MONA (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PAPAN PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI BUMIAYU 02 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SRI MONA WIJAYANTI 19120161.pdf] Text
SRI MONA WIJAYANTI 19120161.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SRI MONA WIJAYANTI 19120161.pdf] Text
SRI MONA WIJAYANTI 19120161.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar matematika pada materi perkalian. Hal tersebut disebabkan oleh
pelaksanaan pembelajaran yang masih berpusat pada guru, siswa yang masih pasif
dalam pembelajaran dan belum digunaknnya model pembelajaran serta media
pembelajaran yang tepat oleh guru saat mengajar. Hal tersebut berdampak pada
tingkat pemahaman siswa terhadap konsep dasar perkalian masih rendah dan hasil
belajarnya pun tidak maksimal.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran
Discovery Learning berbantuan Papan Perkalian efektif terhadap hasil belajar
konsep matematika siswa. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk
mengetahui keefektifan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan
media konkret papan perkalian terhadap hasil belajar konsep matematika siswa
kelas II SD N Bumiayu 02 Pati.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre
expermental design dengan desain one-grup pretest-posttest design. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa SD N Bumiayu 02 Pati. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini berjumlah 19 orang yang merupakan siswa siswi
kelas II yang diambil menggunakn Teknik Non Probability Sampling. Data dalam
penelitian ini deiperoleh melalui wawancara, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan perhitungan diperoleh rata-rata pretest yaitu 41,31 dan rata
rata posttest yaitu 78,89. Pada saat pretest hanya ada 4 siswa yang tuntas dan 15
siswa lainnya belum tuntas dengan ketuntasan belajar klasikal 21%. Setelah
dilakukan posttest terdapat 16 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang belum tuntas
dengan ketuntasan klasikal 84%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis uji t
bahwa thitung > ttabel yaitu 15,152 > 2,026 maka Ha diterima sehingga model
pemebelajaran discovery learning berbantuan papan perkalian efektif dalam
meningkatkan hasil belajar konsep matematika siswa kelas II SD N Bumiayu 02
Pati.
Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah
model pembelajaran Discovery Learning berbantuan papan perkalian dapat
tercipta suasana pembelajaran aktif dan menyenangkan serta dapat dijadikan salah
satu alternatif model pembelajaran bagi guru dalam mengajar materi perkalian
maupun materi lainnya sehingga pemahaman siswa terhadap materi membaik dan
hasil belajarnya dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:50
Last Modified: 22 Jan 2024 04:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1684

Actions (login required)

View Item
View Item