KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 9 KELAS V SDN SOKOPULUHAN 02 PATI

UTOMO, MUHAMMAD BUDI (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 9 KELAS V SDN SOKOPULUHAN 02 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MUHAMMAD BUDI UTOMO 16120082.pdf] Text
MUHAMMAD BUDI UTOMO 16120082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

MUHAMAD BUDI UTOMO. NPM 16120082. “Keefektifan Model
Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 9
Kelas V SDN Sokopuluhan 02 Pati”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I: Ferina Agustini, S.Pd., M.Pd.
Dosen Pembimbing II: Dr. Fine Reffiane, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa kurang aktif
ketika pembelajaran berlangsung, Hasil belajar pada mata pelajaran tema 9 masih
rendah dan Guru masih mengalami kendala dalam penggunaan metode
pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaaan
Model pemeblajaran Problem Based Learning Efektif Terhadap Hasil Belajar
Siswa Tema 9 SDN Sokopuluhan 02 Pati ?, Tujuan yang dicapai dalam penelitian
ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Problem Based
Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 9 SDN Sokopuluhan 02 Pati.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan
Pre Eksperimental Design yang berbentuk One Group Pretest Posttest Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN Sokopuluhan 02 Pati. Sampel
yang digunakan yaitu siswa kelas V SDN Sokopuluhan 02 pati yang terdiri dari
13 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah mengggunakan sampling
jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada analisis awal adalah uji
normalitas. Analisis akhir menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, taraf
kesukaran, uji Realiabilitas, dan uji ketuntasan belajar individu dan uji ketuntasan
belajar kelas.
Hasil penghitungan data pretest dan posttest mempunyai nilai sig. 0,613
dan 0,658 atau lebih besar dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa data pretest
dan posttest tersebut normal. Sehingga dapat dilanjutkan ketahp berikutnya.
Berdasarkan diketahui bahwa harga t-hitung 7,622 lebih besar dibandingkan
dengan harga t-tabel yaitu 7,622 (7,622>2,728), artinya ha diterima dan Ho
ditolak. Ha diterima berarti ada perbedaan rata-rata skor dalam soal pilihan ganda
antara postes dan pretes. Nilai t-hitung positif menunjukkan bahwa rata-rata hasil
postes lebih tinggi dari pada rata-rata hasil pretest.
Metode pembelajaran PBL efektif terhadap Hasil siswa dalam Tema 9
Kelas V. Bagi siswa, harus aktif, kreatif, dan kritis dalam pembelajaran sehingga
dapat meningkatkan kualitas belajar yang memiliki kemampuan berpikir serta
Hasil belajar yang lebih baik.
Kata Kunci : Learning, Tematik, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:47
Last Modified: 22 Jan 2024 04:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1683

Actions (login required)

View Item
View Item