PENGARUH METODE POLYA DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

LESTARI, SRI (2023) PENGARUH METODE POLYA DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SRI LESTARI-19120190.pdf] Text
SRI LESTARI-19120190.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi karena kurangnya kemampuan pemecahan
masalah matematika pada soal cerita volume kubus dan balok yang
mengakibatkan hasil belajar matematika siswa rendah. Permasalahan pada
penelitian ini adalah 1) Apakah metode Polya berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang kubus dan
balok? 2)Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
matematika materi volume bangun ruang kubus dan balok antara penggunaan
metode Polya dengan metode diskusi? Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui apakah metode Polya berpengaruh
terhadap hasil belajar matematika dalam memecahkan masalah soal cerita materi
volume bangun ruang kubus dan balok kelas V SDN Bandarharjo 02. 2)Untuk
mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar matematika dalam memecahkan
masalah soal cerita materi volume bangun ruang kubus dan balok antara
penggunaan metode Polya dengan diskusi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berbentuk Quasi
Experiment Type Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Bandarharjo 02 tahun pelajaran
2022/2023. Sampel yang diambil adalah 54 siswa kelas VA dan VB dengan
menggunakan sampling non probability atau sampel tanpa acak.
Instrumen yang digunakan berupa tes, pretest dan posttest untuk mengukur
kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk tes uraian, serta instrumen non
tes berupa dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan
uji prasyarat berupa analisis diskriptif, uji normalitas dan uji homogenitas serta
uji hipotesis menggunakan uji nonparametrik dengan uji Wilcoxon dan uji Mann
whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode
Polya dalam pemecahan masalah soal cerita bangun ruang kubus dan balok
terhadap hasil belajar kelas VA SDN Bandarharjo 02. Hal ini diketahui dari hasil
pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test
diketahui Asymp Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena perhitungan
menggunakan taraf signifikan 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis
diterima. Selain itu, terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan oleh hasil uji Mann Whitney
yang telah dilakukan diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000.
Dimana nilai 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. Hasil belajar soal cerita
volume kubus dan balok yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggri dari kelas
kontrol, ditunjukkan rata-rata kelas eksperimen 70,85 dan kelas kontrol 20,59.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:45
Last Modified: 22 Jan 2024 04:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1680

Actions (login required)

View Item
View Item