ANALISIS LOYALITAS NASABAH PENGGUNA BRIMO

Astuti, Sri Dewi (2023) ANALISIS LOYALITAS NASABAH PENGGUNA BRIMO. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Sri Dewi Astuti 19810046.pdf] Text
Sri Dewi Astuti 19810046.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada studi ini berangkat dari temuan yang menunjukan bahwa
perkembangan loyalitas nasabah pengguna Brimo dilihat dari jumlah pengguna
Brimo di setiap tahunnya. Pada tahun 2019 pengguna brimo mencapai 17% lalu
pada tahun 2020 mengalami kenaikan jumlah nasabah pengguna BRImo sehingga
mencapai 20,5% namun pada tahun 2021 mengalami penurunan hingga 17%,
sehingga peneliti bersedia untuk meneliti apa yang menjadi faktor turunnya nasabah
pengguna BRImo. Namun pada tahun 2022 dan 2023 mengalami kenaikan atau
kestabilan nasabah pengguna BRImo hingga 19,8%. Adapun faktor yang
mempengaruhi loyalitas nasabah adalah kemudahan penggunaan,nilai
pelanggan,kualitas layanan, keamanan dan kepercayaan
Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis
penelitian kuantitatif, Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengambilan
sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability
Sampling. Melalui uji Intrumen, analisis deskripsi, analisis regresi linier berganda,
analisis koefisien determinasi (R2) uji asusmsi klasik dan uji hipotesisis
Hasil pengujian menunjukan bahwa kemudahan penggunaan tidak
berpengaruh terhadap loyalitas nasabah yang dibuktikan dengan nilai t hitung lebih
kecil dari t tabel (1.228<1.660), nilai pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas
nasabah yang dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel
(5.676>1.660)), kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah yang
dibuktikan dengan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (0.518<1,660), keamanan
tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah yang dibuktikan dengan nilai t hitung
lebih kecil dari t tabel (-0,653 < 1,660), kepercayaan berpengaruh terhadap loyalitas
nasabah yang dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2.162>1,660)
dan kemudahan penggunaan,nilai pelanggan,kualitas layanan, keamanan,
kepercayaan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah yang
dibuktikan dengan nilai signifikasi lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05).
Kata Kunci: kemudahan penggunaan,nilai pelanggan,kualitas layanan,
keamanan kepercayaan, loyalitas nasabah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:32
Last Modified: 22 Jan 2024 04:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1673

Actions (login required)

View Item
View Item