Wibowo, Sonny Tri (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK METODE BIBLIO COUNSELING TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA DI SMA NEGERI 1 WELERI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SONNY TRI WIBOWO 18110053.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi beberapa masalah, yaitu: 1) siswa belum mandiri
dalam merencanakan karirnya, 2) siswa masih ragu terhadap karir yang
dipilihnya, 3) siswa belum mengetahui syarat masuk ke perguruan tinggi, 4) siswa
tidak dapat menentukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat dan
kemampuan, sehingga masih banyak yang ingin berlatih untuk menyalurkan
bakat yang mengarah ke karir yang tepat. Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok metode biblio
counseling terhadap perencanaan karir siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Weleri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi
experimental design dengan model nonequivalent control group design. Populasi
dalam penelitian adalah seluruh kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Weleri berjumlah
108 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 berjumlah 36 siswa.
Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan skala psikologis. Teknik analisis data menggunakan statistik
deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan
kelompok dengan metode biblio-counseling terhadap perencanaan karir siswa
kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Weleri dengan pengaruh sebesar 64%. Hasil
perencanaan karir siswa kelompok eksperimen, diperoleh nilai rata-rata persentase
sebesar 86% dalam kategori sangat baik. Hasil perencanaan karir siswa kelompok
kontrol, diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 84% dalam kategori sangat
baik. Hal ini berarti bahwa siswa memiliki pengetahuan dan pemahaman diri
mengenai program studi dan dunia kerja dengan sangat baik. Siswa memiliki
kepribadian dan nilai-nilai yang berkaitan dengan karir dengan sangat baik. Siswa
mempunyai motivasi untuk mencari informasi tentang karir dengan sangat baik.
Siswa mampu memilih pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan
dengan sangat baik. Siswa mampu memilih perguruan tinggi setelah sekolah
dengan sangat baik. Siswa memiliki penalaran yang realistis akan hubungan
pengetahuan dan pemahaman diri sendiri dengan pengetahuan dan pemahaman
dunia kerja dengan sangat baik.
Kata kunci: bimbingan kelompok metode biblio-counseling, perencanaan karir
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 04:20 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 04:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1668 |