ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATERI PEMBAGIAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI WANGUNREJO 01

HERNAWAN, MUHAMAD (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATERI PEMBAGIAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI WANGUNREJO 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MUHAMAD HERNAWAN 16120218.pdf] Text
MUHAMAD HERNAWAN 16120218.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

MUHAMAD HERNAWAN. NPM 16120218 “ANALISIS KESULITAN
BELAJAR MATERI PEMBAGIAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
NEGERI WANGUNREJO 01”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2023. Pembimbing
I Eka Sari Setianingsih, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing II Dr. Iin Purnamasari, S.Pd.,
M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah terdapat peserta
didik di Sekolah Dasar Wangunrejo 01 yang kesulitan belajar materi pembagian
pada kelas IV. Terlebih lagi pada tahun 2021 pandemi Covid-19 masih melanda di
Indonesia. Sehingga siswa dirasa kurang menguasai materi pembagian karena
mengalami kesulitan belajar.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah analisis kesulitan belajar
materi pembagian kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wangunrejo 01. Adapun fokus
permasalahan penelitian yang dirumuskan adalah bagaimana kesulitan belajar
materi pembagian kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wangunrejo 01, Apa faktor
penyebab kesulitan belajar materi pembagian, dan bagaimana pola kesulitan
belajar materi pembagian kelas IV SD Negeri Wangunrejo 01?
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini berasal dari guru dan siswa kelas IV SDN Wangunrejo 01.
Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah hasil belajar
peserta didik materi pembagian dan wawancara.
Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar
pembagian di kelas IV SDN Wangunrejo 01 diantaranya: (1) kurang memahami
simbol-simbol dalam matematika, (2) peletakan nilai tempat yang masih keliru,
(3) proses mengerjakan yang keliru, (4) salah menghitung, (5) kurang teliti dalam
mengerjakan soal. Sedangkan faktor yang mempengaruhi peserta didik kesulitan
belajar materi pembagian SD Negeri Wangunrejo 01 ada dua yaitu faktor internal
dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi: 1) masih kurang paham konsep
porogapit/poropentang karena peserta didik, 2) Kesulitan menghubungkan
pemahaman nilai tempat pada operasi pembagian bersusun, 3) kognitif peserta
didik meliputi ketrampilan dasar perkalian dan pengurangan yag masih lemah, 4)
Kurangnya minat belajar matematika yang masih rendah. Sedangkan faktor
eksternalnya meliputi: 1) Orang tua dan keluarga, kurangnya perhatian orang tua
terhadap kebiasaan belajar anak dirumah, 2) kurangnya penggunaan media
pembelajaran yang digunakan saat proses belajar mengajar. Pola kesulitan belajar
yang terjadi yang menjadi kesalahan peserta didik pada umumnya adalah
kurangnya ketelitian pada saat mengerjakan soal, salah menghitung pembagian,
perkalian, dan pengurangan.
Saran yang dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah guru lebih
meningkatkan dalam penggunaan media dalam menjelaskan materi pembagian
bersusun, membantu menunjukan pemahaman penjumlahan, pengurangan,
perkalian, nilai tempat yang berhubungan dengan pembagian. Memperhatikan
kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dalam operasi hitung perkalian dan
pembagian, membiasakan anak untuk membaca bersama perkalian 1 – 10 sebelum
memulai pelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:22
Last Modified: 22 Jan 2024 04:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1667

Actions (login required)

View Item
View Item