RAHMAWATI, AYU TRIANA (2023) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENGURANGI PERILAKU BULLYING KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 RANDUBLATUNG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AYU TRIANA RAHMAWATI 19110036.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan
tingginya perilaku bullying siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Randublatung.
Tujuan dari peneliti ini ialah untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok
dengan teknik role playing memiliki pengaruh dalam mengurangi perilaku bullying
siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design dengan desain
penelitian pre-test post-test control group design. Populasi penelitian ini berjumlah
144 siswa, meliputi kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3 dan XI IPS 4. Sampel dalam
penelitian ini yaitu berjumlah 36 siswa yang dipilih dengan beberapa pertimbangan
tertentu menggunakan purposive sampling.
Hasil perhitungan analisis data diketahui bahwa hasil pre-test pada
kelompok eksperimen memiliki skor rata-rata sebesar 84,6 dan hasil post-test pada
kelompok eksperimen menjadi 42, 9. Berdasarkan hasil skor rata-rata tersebut dapat
diartikan bahwa perilaku bullying pada kelompok eksperimen mengalami
penurunan sebesar 41,7 setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik role
playing. Berdasarkan analisis uji hipotesis diperoleh hasil signifikansi (2-tailed)
sebesar 0,000, sehingga 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang
berbunyi “ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik role
playing dalam mengurangi perilaku bullying kelas XI IPS di SMA Negeri 1
Randublatung”.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu layanan
konseling kelompok teknik role playing dapat digunakan guru BK dalam
mengurangi perilaku bullying siswa.
Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Perilaku Bullying, Teknik Role
Playing
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 07:36 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 07:36 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/165 |