DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN BERAT UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERIMAN BERTAQWA PADA TUHAN YANG MAHA ESA DAN BERAKHLAK MULIA SISWA KELAS IV SDN PANDEAN LAMPER 02 SEMARANG

Lestari, Wahyu Dwi (2023) DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN BERAT UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERIMAN BERTAQWA PADA TUHAN YANG MAHA ESA DAN BERAKHLAK MULIA SISWA KELAS IV SDN PANDEAN LAMPER 02 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of WAHYU DWI LESTARI 19120071.pdf] Text
WAHYU DWI LESTARI 19120071.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Wahyu Dwi Lestari. NPM 19120071. “Desain Pembelajaran Matematika Materi
Pengukuran Berat Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman
Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Dan Berakhlak Mulia Siswa Kelas IV
SDN Pandean Lamper 02 Semarang”. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2023.
Dosen Pembimbing I Sunan Baedowi, S.H.I., M.S.I dan Dosen Pembimbing II
Dr. Bagus Ardi Saputro,S.Pd., M.Pd. 2023. Dalam penelitian ini terdapat rumusan
masalah yaitu bagaimana desain pembelajaran matematika materi pengukuran
berat untuk mewujudkan profil pancasila dimensi beriman bertaqwa kepada tuhan
yang maha esa dan berakhlak mulia siswa kelas IV SDN Pandean Lamper 02
Semarang dan bagaimana hasil pembelajaran matematika materi pengukuran
berat dalam mewujudkan profil pelajar pancasila dimensi beriman bertaqwa
Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Selain rumusalah adapun
tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui desain pembelajaran matematika
materi pengukuran berat untuk mewujudkan profil pancasila dimensi beriman
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia siswa kelas IV SDN
Pandean Lamper 02 Semarang dan untuk mengetahui hasil pembelajaran
matematika dalam mewujudkan profil pelajar pancasila dimensi beriman bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Latar belakang dalam
penelitian ini adalah kurangnya mengembangkan kemampuan penalaran dalam
mempelajari materi pengukuran berat sehingga siswa kesulitan dalam menerima
materi pengukuran berat, tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis penerapan
desain pembelajaran matematika serta mendeskripsikan hasil pembelajaran
matematika materi pengukuran berat untuk mewujudkan profil pelajar pancasila
dimensi beriman bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia
siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian Desain Didaktis atau Didactical
Design Research (DDR) dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini
menggunakan teknik analisis data berupa pedoman angket, wawancara, observasi,
dan wawancara. Adanya desain pembelajaran pengukuran berat untuk
mewujudkan profil pelajar pancasila dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan berakhlak mulia siswa dengan menerapkan praktik menakar
dan menimbang dapat mengembangkan pemahaman siswa mengenai pengukuran
berat serta dapat mewujudkan siswa dalam pemahaman profil pelajar pancasila
dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
Selain itu adanya media timbangan digital dapat menjadi sarana siswa dalam
memahami materi pengukuran berat menjadi lebih menyenangkan dan efektif.
Dapat disimpulkan penggunaan desain pembelajaran matematika materi
pengukuran berat dapat mewujudkan profil pelajar pancasila dimensi beriman
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia menjadi lebih
efektif
Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila, Dimensi Ketuhanan, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:49
Last Modified: 22 Jan 2024 03:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1642

Actions (login required)

View Item
View Item