PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MONTASE PADA TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN LEMPONGSARI SEMARANG

RISMADHANI, NATASYA AMALIA (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MONTASE PADA TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN LEMPONGSARI SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NATASYA AMALIA RISMADHANI 19120329.pdf] Text
NATASYA AMALIA RISMADHANI 19120329.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Natasya Amalia Rismadhani. NPM 19120329 “Pengaruh Media Pembelajaran
Montase pada Tema 7 Perkembangan Teknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas III SDN Lempongsari Semarang”. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurang optimalnya
proses pembelajaran sehingga berpengaruh kepada hasil belajar yang masih
rendah. Proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru membuat peserta
didik cenderung pasif dan tidak kreatif.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pengaruh media
montase terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Lampongsari Semarang.
Pendidik perlu menggunakan media pembelajaran pada saat penyajian materi agar
menarik siswa untuk aktif dalam pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk ekperimen pre-
eksperimental designs (nondesigns) dengan desain one group pretest posttest
design. Pretest dilakukan sebelum menggunakan perlakuan sedangkan posttest
dilakukan setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan media montase.
Populasi penelitian ini seluruh peserta didik SDN Lempongsari Semarang. Sampel
yang diambil adalah 26 siswa kelas III. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui observasi, dokumentasi, dan tes.
Berdasarkan analisis hasil uji ketuntasan belajar dan uji banding nilai rata-
rata pretest sebesar 60,9 dengan persentase klasikal sebesar 46%. Nilai rata-rata
posttest 72,5 dengan persentase klasikal sebesar 77% kriteria ketuntasan minimum
(KKM) 60. Diperoleh t hitung 2,697 dan t tabel 1,675 dengan taraf signifikan 0,05 dk
26-2=24 hasil perhitungan t hitung 2,697 > t tabel 1,675, sehingga H o ditolak dan H a
diterima. Hal ini berarti terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kelas III
berdasarkan hasil analisis uji t yang menunjukan bahwa t hitung 2,697 > t tabel 1,675
maka H a diterima dan H o ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang singnifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III Tema 7 Subtema
3.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
pembelajaran dengan menggunakan media montase dapat digunakan sebagai salah
satu alternatif pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 07:35
Last Modified: 03 Jan 2024 07:35
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item
View Item