STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM LAYANAN KLASIKAL SEBAGAI USAHA PENINGKATAN KONTROL EMOSI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP TEUKU UMAR SEMARANG

PRATIWI, MILA FEBRI (2023) STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM LAYANAN KLASIKAL SEBAGAI USAHA PENINGKATAN KONTROL EMOSI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP TEUKU UMAR SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MILA FEBRI PRATIWI 16110022.pdf] Text
MILA FEBRI PRATIWI 16110022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

MILA FEBRY PRATIWI, NPM 16110022. “STRATEGI GURU BIMBINGAN
KONSELING DALAM LAYANAN KLASIKAL SEBAGAI USAHA PENINGKATAN
KONTROL EMOSI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP TEUKU UMAR
SEMARANG”, Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I Ibu Dra. Tri Suyati, M.Pd. Dosen Pembimbing II Agus Setiawan, S.Pd., M.Pd,
Agustus, 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi layanan klasikal sebagai usaha
peningkatan kontrol emosi pada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif, metode penelitian yang digunakan untuk meneliti kondisi pada obyek
secara alamiah yang fokus terhadap apa yang nyata pada obyek yang diteliti.
Berdasarkan temuan hasil wawancara dengan guru BK dan peserta didik di SMP Teuku
Umar Semarang, observasi, dan dokumentasi yang telah peneliti lakukan, maka dalam strategi
layanan klasikal sebagai usaha peningkatan kontrol emosi peserta didik, terdapat 3 dari 4 fungsi
layanan klasikal yaitu : 1) fungsi pemahaman yaitu guru BK SMP Teuku Umar Semarang
melakukan assesment menggunakan AKPD, angket terbuka, dan google form sebagai bahan
evaluasi kepuasan belajar pesrta didik selama satu semester terakhir. 2) fungsi pencegahan,
strategi guru BK pada saat pemberian layanan yaitu pemilihan topik terkini, pemberian projek
akhir, dan pemberian wadah bagi peserta didik yang mengalami kecanduan game online. 3)
fungsi pengentasan, guru BK menggunakan strategi penempatan dan penyaluran yang
menjadikan peserta didik menjadi lebih mengetahui batasan waktu pada saat bermain game
dan menjadi lebih tidak mudah tersinggung dan dapat menerima kekalahan.
Kata kunci : Layanan klasikal, kontrol emosi, peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:36
Last Modified: 22 Jan 2024 03:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1630

Actions (login required)

View Item
View Item