PENGEMBANGAN SCRAPBOOK BERBASIS PERMAINAN EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI BILANGAN KELAS 1 SDN 1 TUNJUNGAN

Zulmaningsih, Siti Try (2023) PENGEMBANGAN SCRAPBOOK BERBASIS PERMAINAN EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI BILANGAN KELAS 1 SDN 1 TUNJUNGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Siti Try Zulmaningsih 19120101.pdf] Text
Siti Try Zulmaningsih 19120101.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

SITI TRY ZULMANINGSIH NPM 19120101. “Pengembangan Media
Scrapbook Berbasis Permainan Edukasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep
Materi Bilangan Kelas 1 SDN 1 Tunjungan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Joko Sulianto,
S.Pd., M.Pd. dan pembimbing II Arfilia Wijayanti, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih ada siswa
yang belum mampu memahamai konsep materi pembelajaran khususnya materi
bilangan dikarenakan penyampaian guru yang masih bersifat monoton dan belum
menggunakan media pembelajaran yang menarik, dapat kita ketahui pula bahwa
mata pelajaran matematika diperlukan contoh kongkrit yang dapat memudahkan
siswa dalam memahami permasalahan dalam pelajaran matematika. Pada saat
pembelajaran Guru hanya berpedoman dengan buku guru.
Penelitian ini bertujuan untuk. (1) untuk mengetahui ketersediaan dan
mengetahui proses pengembangan media scrapbook pembelajaran Matematika
kelas I SDN 1 Tunjungan. (2) untuk mengetahui kelayakan media scrapbook
pada materi bilangan kelas 1 SDN 1 Tunungan Kota Blora (3) untuk mengetahui
hasil uji coba lapangan media Scrapbook pada materi bilangan Kelas 1 SDN 1
Tunjungan Kota Blora .
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and
Development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji
kelayakan produk yang dikembangkan. Pengembangan media scrapbook berbasis
permainan edukasi ini hanya sampai pada tahap uji coba lapangan. Penelitian dan
pengembangan ini dilaksanakan di SDN 1 Tunjungan,hasil dari pengembangan
media scrapbook berbasis permainan edukasi sudah layak digunakan guru sebagai
media dan pendamping buku siswa dari hasil langkah ketujuh tidak terdapat
adanya revisi dari penilaian guru terhadap media baik dari hasil angket hasil
penilaian dan tanggapan guru berupa skala likert bentuk checklist.
Hasil validasi ahli materi memperoleh validitas 0,916 Sedangkan hasil
validasi ahli media memperoleh validitas 0,960 Dari hasil uji coba lapangan awal
yang dilakukan di tiga sekolah dasar diperoleh validitas 0,950. Kesimpulannya
pengembangan media scrapbook berbasis permainan edukasi termasuk dalam
kategori “Sangat Baik” dan memenuhi kriteria layak.
Berdasarkan hasil penelitian uji lapangan diperoleh Thitung -11.831 < ttabel
dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari ( 0,000 < 0,05 )
Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan
media scrapbook berbasis permainan edukasi, dapat disampaikan bahwa media
scrapbook berbasis permainan edukasi menjadi salah satu pilihan media
pembelajaran yang dapat digunakan sebagai media guru untuk pendamping buku
siswa saat memberikan materi kepada siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:33
Last Modified: 22 Jan 2024 03:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1627

Actions (login required)

View Item
View Item