ANALISIS LITERASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV DI SD NEGERI SUMBEREJO KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sumarni, Siti (2023) ANALISIS LITERASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV DI SD NEGERI SUMBEREJO KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SITI SUMARNI 19120230.pdf] Text
SITI SUMARNI 19120230.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

SITI SUMARNI. NPM 19120230. “Analisis Literasi dalam Pembelajaran Bahasa
Inggris Kelas IV di SD Negeri Sumberejo Kecamatan Jaken Kabupaten Pati
Tahun Pelajaran 2022/2023”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah Bahasa Inggris yang
termasuk bahasa yang penting di era ini, karena merupakan bahasa Internasional
dan saat ini masih banyak siswa kelas IV pada satuan Pendidikan Sekolah Dasar
masih kebingungan dalam memahami, membaca, menulis, menyimak dan
berbicara yang baik dan benar dalam berbahasa Inggris. Permasaalahan dalam
penelitian ini adalah 1) Apa saja bentuk-bentuk kemampuan literasi pembelajaran
bahasa Inggris? 2) Bagaimana tingkat kesulitan pengetahuan peserta didik kelas
IV dalam berliterasi saat pembelajaran bahasa Inggris? Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui bentuk dan tingkat kesulitan pengetahuanm berliterasi
dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan
deskripsi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa
Inggris kelas IV dan peserta didik kelas IV SD Negeri Sumberejo Kecamatan
Jaken Kabupaten Pati. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi,
wawancara, angket dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara
triangulasi teknik.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa bentuk-bentuk kemampuan
literasi dalam pembelajaran bahasa Inggris sudah mencakup 4 aspek bentuk
literasi dasar yaitu listening (menyimak), speaking (berbicara), writing (menulis),
dan reading (membaca) di lihat dari analisi data mengenai buku paket yang
digunakan untuk pembelajaran sudah mencakup 4 aspek bentuk literasi
pembelajaran bahasa Inggris. Tingkat kesulitan pengetahuan peserta didik dalam
berliterasi bahasa Inggris siswa mengalami kesulitan dalam speaking (berbicara)
di lihat dari analisis data wawancara, angket dan observasi pembelajaran bahasa
Inggris bahwa siswa masih kesusahan mengenai kosakata (vocabulary) dalam
pengucapan.
Berdasarkan penelitian ini saran yang disampaikan adalah hendaknya
melakukan peningkatan literasi khusus speaking (berbiacara) bahasa Inggris
seperti membiasakan siswa untuk berlatih berbiacara bahasa Inggris,
meningkatkan sarana prasarana seperti pojok baca, media pembelajaran yang
menarik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:30
Last Modified: 22 Jan 2024 03:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1625

Actions (login required)

View Item
View Item