HIDAYAH, MELYSA LAILATUL (2023) PENGEMBANGAN ASSESMEN AWAL IPA BERBASIS STEM MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK SISWA FASE C SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MELYSA LAILATUL HIDAYAH 19120171.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
MELYSA LAILATUL HIDAYAH. NPM 19120171. “Pengembangan
Assesmen Awal IPA Berbasis STEM Materi Sistem Tata Surya Untuk Siswa Fase
C Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing
I: Sukamto, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing II: Dr. Siti Patonah, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah belum adanya Pengembangan
Assesmen Awal IPA Berbasis STEM Materi Sistem Tata Surya Untuk Siswa Fase
C Sekolah Dasar agar siswa bepikir secara kreatif. Hal tersebut dikarenakan
biasanya asesmen awal IPA berbasis STEM dikembangkan untuk tingkat
SMP/SMA, masih jarang yang mengembangkan pada tingkat Sekolah Dasar.
Materi sistem tata surya pada kelas VI juga termasuk dianggap sulit bagi peserta
didik.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan assesmen awal materi tata
surya berbasis STEM yang akan diujikan pada siswa tahap C dalam pembelajaran
IPA. 2) Validasi kelayakan asesmen awal berbasis STEM pada materi tata surya
untuk mengembangkan cara berpikir siswa fase C dalam pembelajaran IPA.
Metode yang digunakan adalah pengembangan atau disebut juga RnD dan jenis
penelitian yang digunakan adalah model ADDIE.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti adalah untuk mendapatkan data
yang valid yang akan digunakan sebagai bahan penelitian. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa semua item memiliki kategori sedang hingga tinggi untuk
indeks Aiken (0,78 hingga 0,82). Sedangkan berdasarkan analisis Rasch Model,
nilai Measure (-1.48 hingga +1.63), nilai SE Model (0.46 hingga 0.60) nilai
MNSQ Outfit (0.55 hingga 1.46), nilai Outfit ZSTD, nilai Outfit Pt mean core
(0.13 hingga 1.63) , item and person reliability (0,49 dan 0,46) sedangkan
Cronbach's alpha (0,60). Dengan demikian butir-butir tersebut memiliki nilai
reliabilitas yang cukup baik, sehingga butir-butir tersebut dapat digunakan dalam
penilaian IPA berbasis STEM awal bagi siswa kelas VI pada materi tata surya
tahap C di sekolah dasar.
Kata kunci: Asesmen awal, STEM, IPA, siswa kelas VI, Tata Surya
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 03:25 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 03:25 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1622 |