ANDRIYANI, ANASTASYA NASTITI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI GROWONG LOR 01 JUWANA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ANASTASYA NASTITI ANDRIYANI 19120164.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ANASTASYA NASTITI ANDRIYANI. NPM 19120164. “Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Make A Match Terhadap Kemampuan Pemecahan
Masalah IPAS Siswa Kelas V SD Negeri Growong Lor 01 Juwana”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Universitas
PGRI Semarang.2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan
pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran IPAS dirasakan masih rendah. Hal
tersebut disebabkan oleh beberapa siswa beranggapan bahwa IPAS merupakan
pembelajaran yang kurang menyenangkan, dan berisikan hanya hafalan. Dari hasil
wawancara terhadap guru kelas V di SD N Growong Lor 01 bahwa siswa yang
tuntas berjumlah 11 siswa dan siswa yang belum tuntas yaitu sejumlah 9 siswa.
Siswa hanya mampu berpikir sesuai dengan apa yang tertulis dalam buku
kemudian mengerjakan latihan soal. Jawaban yang diberikan oleh siswa masih
terfokus pada jawaban benar dan salah saja. Selain itu, dalam pembelajaran guru
hanya berpatok pada buku yang ada, tanpa memberikan variasi model
pembelajaran sehingga siswa kurang memahami konsep yang diajarkan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model
pembelajaran make a match terhadap kemampuan pemecahan masalah IPAS
siswa kelas V SD Negeri Growong Lor 01? Tujuan penelitian yang hendak
dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match
terhadap kemampuan pemecahan masalah IPAS Siswa Kelas V SD Negeri
Growong Lor 01.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre-
Eksperimental Designs bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa SD N Growong Lor 01 Juwana. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang merupakan siswa-siswi
kelas V yang diambil menggunakan teknik sampel jenuh. Data dalam penelitian
ini diperoleh melalui observasi, tes, dan angket.
Berdasarkan perhitungan maka diperoleh rata-rata pretest yaitu 28,80 dan
rata-rata posttest yaitu 73,80. Hal-hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis
melalui uji paired sample t-test diperoleh bahwa nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka
diterima ditolak yang berarti terdapat pengaruh pada perlakuan model
pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah kelas V SD N Growong Lor 01 Juwana.
Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah
model pembelajaran Make A Match dapat dijadikan salah satu model
pembelajaran alternatif untuk membantu siswa memahami dengan baik materi
yang dipelajari dan membuat siswa aktif dan tertarik selama mengikuti
pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 07:33 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 07:33 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/162 |