Hidayah, Siti Nur (2023) PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING MELALUI TEKNIK BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X MAN 2 KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Siti Nur Hidayah 19330011.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Melatihkan kemampuan kreativitas siswa melalui proses pembelajaran adalah upaya yang
menantang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model Project Based
Learning melalui Teknik bermain untuk meningkatkan kreativitas siswa fisika di MAN 2
Kota Semarang pada pokok bahasan Hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian menggunakan desain
nonequivalent control group design. Instrumen penelitian berupa angket kemampuan
kreativitas siswa yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan ada
pengaruh signifikan perlakuan terhadap kemampuan kreativitas siswa. Hasil analisis uji t
pihak kanan siswa diperoleh hasil yaitu 1,6115 < 1,7109 maka Ho
diterima dan Ha ditolak. Sedangkan hasil analisis uji gain diperoleh gain ternormalisasi
kelas eksperimen sebesar 0,713589 dan gain ternormalisasi kelas control sebesar
0,660799 maka kedua kelas tersebut mengalami peningkatan kreativitas kategori tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian ini data disimpulkan bahwa project based learning
mempunyai pengaruh signifikan terhadap kemampuan kreativitas siswa kelas X MAN 2
Semarang.
Kata kunci : Project Based Learning, Kreativitas, Hukum Newton
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 03:22 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 03:22 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1619 |