PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUS MELALUI PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DI SD NEGERI 4 KANCILAN JEPARA

HAPSARI, MELINDA FEBRI (2023) PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUS MELALUI PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DI SD NEGERI 4 KANCILAN JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MELINDA FEBRI HAPSARI 19120120.pdf] Text
MELINDA FEBRI HAPSARI 19120120.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

MELINDA FEBRI HAPSARI. NPM 19120120. “Penanaman Nilai Karakter
Disiplin dan Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di SD Negeri 4 Kancilan
Jepara”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Univesritas PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I Dr. H.
Rahmat Rais, S.Ag, M.Ag. Dosen Pembimbing II Mira Azizah, S.Pd, M.Pd.
SD Negeri 4 Kancilan merupakan sekolah dasar yang menerapkan
pembiasaan shalat dhuha sejak tahun 2018. Karakter peserta didik di SD Negeri 4
Kancilan sebelum diadakan pembiasaan shalat dhuha kurang baik. Hal ini
dibuktikan dengan adanya catatan kasus pada beberapa peserta didik yang kurang
memiliki nilai karakter disiplin dan religius, seperti melakukan pemalakan terhadap
temannya, tidak mau melanjutkan sekolah, dan tidak masuk selama dua minggu
tanpa izin. Setelah diadakannya program penguatan pendidikan karakter melalui
pembiasaan shalat dhuha yang sudah berjalan selama lima tahun, peserta didik yang
semula memiliki nilai karakter yang kurang baik menjadi peserta didik yang
berkarakter cukup baik. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan hasil penanaman nilai karakter disiplin dan religius melalui
pembiasaan shalat dhuha di SD Negeri 4 Kancilan Jepara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian
kualitatif deskriptif dengan mengambil data sesuai fakta di lapangan. Data yang
diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, angket dan
dokumentasi. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman pendidikan
karakter melalui pembiasaan shalat dhuha di SD Negeri 4 Kancilan dapat
menanamkan nilai karakter disiplin dan religius.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa progam pembiasaan shalat dhuha
yang dilaksanakan sebelum proses belajar mengajar dimulai, setiap hari kecuali hari
Senin dan Jumat. Shalat dhuha dilaksanakan di masjid umum depan sekolah, pada
pukul 07.00 WIB. Progam pembiasaan shalat dhuha dimulai sejak tahun 2018,
berdasarkan hasil rapat yang diadakan oleh kepala sekolah dan guru SD Negeri 4
Kancilan untuk menanamkan nilai karakter yang baik pada peserta didik. Adapun
yang bertugas sebagai imam adalah guru dan peserta didik yang dianggap
bacaaannya baik dan fasih. Sesudah shalat dhuha, peserta didik secara bersama�sama membaca surah-surah pendek, asmaul husna, dan shalawat.
Penanaman Pendidikan karakter di SD Negeri 4 Kancilan melalui
pembiasaan shalat dhuha yang berkaitan dengan nilai disiplin dan religius sudah
terlaksana dengan baik dan berjalan semestinya sesuai dengan adab shalat. Hal ini
dapat dilihat pada saat pelaksanaan shalat dhuha, peserta didik aktif mengikuti
kegiatan tersebut. Saran yang dapat disampaikan peneliti adalah penanaman nilai
karakter disiplin dan religius melalui pembiasaan shalat dhuha di SD Negeri 4
Kancilan perlu ditingkatkan kembali dalam memperketat peraturan bagi peserta
didik yang tidak mengikuti shalat dhuha.
Kata kunci : Pendidikan Karakter, Pembiasaan, Shalat Dhuha

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:17
Last Modified: 22 Jan 2024 03:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1615

Actions (login required)

View Item
View Item