PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEHNIK ROLE PLAYING DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 BLORA

NUGRAHANI, MEITYANA SRI (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEHNIK ROLE PLAYING DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MEITYANA SRI NUGRAHANI 18110135.pdf] Text
MEITYANA SRI NUGRAHANI 18110135.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meityana Sri Nugrahani Npm 18110135”Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Siswa Kelas X SMAN1
Blora “ Skripsi program studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Pgri Semarang .Pembimbing I : Siti Fitriana,
S.Pd.,M.Pd.,Kons Pembimbing II : Drs. Mujiono.,M.Si Kons
Penelitian di latar belakangi rendahnya kedisiplinan dalaam belajar siswa.
Dan dari bentuk rendahnya disiplin belajar yang meliputi : 1. Siswa kurang
termotivasi dalaam belajar 2. Siswa sering terlambat datang kesekolah . 3siswa
sering memuat kegaduhan atau rebut ketika jam upacara.. 3 siswa tidak
mengerjakan tugas sekolah maupun mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. 4,
siswa sering merasa bosan. Pada jam pelajaran . 5Siswa sering bermain gadget
ketika guru sedang menerangkan. Hal ini dapat di lihat dari sikap siswa yang
cenderung acuh tak acuh terhadap peraturan sekolah yang telah di berlakukan.
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan true
experimental dengan menggunakan Randomze control group pres tes –posttes
design populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Blora yang
berjumlah 80 siswa sampel menggunakan cluster random sampling metode
pengumpulan data dalam menentukan validitas di bantu dengan aplikasi SPSS 26
sebagai alat bantu product moment dalam penelitian yang terdapat reliabilitas
instrument hanya item item yang valid di ujidan teknik yang di pakai
menggunakan rumus alpha.s bech
Berdasarkan rata rata prest tes skor kelompok experiment 81,4 dan
kelompok kontrol 82,4 sedangkan dari hasil post tes terdapat hasil yang berbeda
antara kelompok experiment dan kelompok kontrol setelah di berikan treatmen
layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada kelompok experiment
terdapat erubahan skor dibandingkan kelompok kontrol yang tidak di berikan
treatmen rata rata skor experiment 87,6 pada kategori tinggi dan rata rata
kelompok kontrol 88.7 memiliki kategori sama sama tinggi dan berdasarkan hasil
data perhitungan uji t dengan taraf signifikan 5% di peroleh dari hasil t hitung
1963>t tabel 1745 sehingga dapat disimpulkan bahwa 1963 > 1745 t hitung >t
tabel yang merupakan perhitungan tersebut maka hipotesis di terima Ha
menyatakan ada suatu Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik
Role Playing Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Blora
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing .
Disiplin Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:15
Last Modified: 22 Jan 2024 03:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1614

Actions (login required)

View Item
View Item