Mudmainah, Siti (2023) UPAYA MENINGKATKAN BERFIKIR KRITIS ANAK MELALUI METODE BERCERITA KELOMPOK A TK DHARMA WANITA MEDANI KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SITI MUDMAINAH 20156048.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Siti Mudmainah. NPM 20156048. “Upaya Meningkatkan Berfikir Kritis Anak
Melalui Metode Bercerita Kelompok A Tk Dharma Wanita Medani Kecamatan
Tegowanu Kabupaten Grobogan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Juli. 2023.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berfikir kritis anak di
TK Dharma Wanita Desa Medani Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan.
Dari hasil penelitian awal yang dilakukan peneliti di TK Dharma Wanita Medani
kelompok A yang berjumlah 14 anak, saat dilakukan kegiatan pembelajaran hanya
ada 4 anak yang mendengarkan dan aktif menjawab pertanyaan, anak lainnya
diam bahkan ada juga beberapa anak bercerita sendiri dengan teman, kurang
memperhatikan pembelajaran yang disampaikan sehingga kegiatan tersebut
kurang menarik minat anak. Kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif
karena anak kurang berfikir kritis dan cenderung pasif dalam pembelajaran
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan
berfikir kritis anak melalui metode bercerita kelompok A TK Dharma Wanita
Medani Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis anak melalui metode bercerita
kelompok A TK Dharma Wanita Medani.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas
2 siklus. Tiap siklusnya terdiri 3 tiga pertemuan. Di setiap siklusnya terdiri atas
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah
anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Medani Desa Medani Kecamatan
Tegowanu Kabupaten Grobogan yang terdiri atas 14 Anak. Data dalam penelitian
ini di dapatkan dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada
penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dimana indikator keberhasilan
dalam penelitian ini apabila lebih dari 75% anak dapat meningkat kemampuan
berfikir kritisnya dengan menggunakan metode bercerita.
Hasil penelitian yang berjudul “Upaya Meningkatkan Berfikir Kritis Anak
Melalui Metode Bercerita Kelompok A Tk Dharma Wanita Medani Kecamatan
Tegowanu Kabupaten Grobogan”. didapatkan kesimpulan bahwa melalui metode
bercerita dapat meningkatkan Kemampuan berfikir kritis anak pada kelompok A
TK Dharma Wanita Medani Desa Medani Kecamatan Tegowanu Kabupaten
Grobogan Tahun 2023. Peningkatan kemampuan berfikir kritis anak melalui
metode bercerita tersebut dibuktikan dengan 12 anak dari jumlah 14anak
mendapat kriteria nilai baik/sangat baik serta rata-rata ketuntasan klasikal akhir
siklus sebesar 81% sehingga sudah melampaui indikator keberhasilan yang
ditentukan.
Saran peneliti dalam kegiatan ini yaitu pentingnya memiliki Alat permainan
edukatif (APE) dan peraga di sekolah, bagi guru metode bercerita dengan
berbagai media bisa menjadi alternatif pembelajaran.
Kata Kunci : Kemampuan Berfikir Kritis, Metode Bercerita
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 03:13 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 03:13 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1612 |