HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMK AL AMIRIYAH KABUPATEN TEGAL

MAYANGSARI, MEGA DWI (2023) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMK AL AMIRIYAH KABUPATEN TEGAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MEGA DWI MAYANGSARI 17110027.pdf] Text
MEGA DWI MAYANGSARI 17110027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

MEGA DWI MAYANGSARI. NPM 1711002. “Hubungan Konsep Diri dengan
Perencanaan Karir Siswa kelas XI SMK Al Amiriyah Kabupaten Tegal”. Skripsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. Pembimbing I: Dr.Arri Handayani,S.Psi,M.Si. Pembimbing II:
Dr.Chr.Argo Widiharto,S.Psi,M.Si. 2022.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya perencanaan karir siswa
yang ditunjukkan dengan siswa kebingungan dalam pemilihan karirnya, akan
melanjutkan studi lanjut keperguruan tinggi atau bekerja, masih banyak siswa
memilih jenis karir mengikuti teman-temannya, siswa juga masih belum paham
bakat dan minat yang dimilikinya, dan siswa juga memiliki penilaian diri yang
tinggi tentang pekerjaan yang dipandang oleh siswa seperti gaji yang tinggi. Tidak
hanya kebingungan dalam merencanakan karir, siswa juga kebingungan terhadap
konsep dirinya, siswa merasa dirinya mudah menyerah, merasa gagal, merasa
belum mengetahui bakat dan potensi yang dimiliki serta kurangnya rasa percaya
diri yang dimiliki oleh siswa, sehingga menjadikan siswa kebingungan terhadap
pemilihan karirnya. Masalah pokok yang dikaji adakah hubungan antara konsep
diri dengan perencanaan karir siswa kelas XI SMK Al Amiriyah Kabupaten
Tegal.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Siswa belum memiliki
perencanaan karir yang jelas, 2) Siswa memiliki konsep diri yang rendah. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan
perencanaan karir siswa kelas XI SMK Al Amiriyah Kabupaten Tegal.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Sampel
dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh sebanyak 100 siswa. Alat
pengumpulan data yang digunakan yaitu skala pskilogis konsep diri dan
perencanaan karir. Analisis data yang digunakan pada uji hipotesis menggunakan
uji Pearson Product Moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua variabel perencanaan karir
dan konsep diri siswa memiliki koefisien korelasi 30,9%. Oleh karena itu,
tandanya hubungan yang baik dari perencanaan karir dengan konsep diri siswa
kelas XI SMK Al Amiriyah Kabupaten Tegal, semakin baik perencanaan karirnya
semakin baik juga kemampuan literasi digitalnya, begitupun sebaliknya semakin
rendah perencanaan karir semakin rendah pula kemampuan literasi digitalnya.
Berdasarkan hasil peneltian ini saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu:
hendaknya pihak sekolah meningkatkan langkah-langkah konkrit dalam
memberikan layanan mengenai bimbingan karir untuk membantu siswa yang
masih kebingungan dalam merencanakan karir.
Kata Kunci: Perencanan Karir, Konsep Diri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:04
Last Modified: 22 Jan 2024 03:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1605

Actions (login required)

View Item
View Item