HUBUNGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP INSTITUT INDONESIA

Khoirunnisa, Siti (2023) HUBUNGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP INSTITUT INDONESIA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Siti Khoirunnisa 19110137.pdf] Text
Siti Khoirunnisa 19110137.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

SITI KHOIRUNNISA. NPM 19110137, “Hubungan Regulasi Diri Dalam
Belajar Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Institut
Indonesia” Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Pembimbing I Dra. Wiwik
Kusdaryani, M.Pd. Pembimbing II Desi Maulia, S.Psi., M.Psikolog.
Masih ditemukan adanya prokrastinasi akademik adalah dasar penelitian
ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari hubungan antara regulasi diri dalam
belajar dengan prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Institut Indonesia.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan
jenis penelitian korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 108.
Sampel penelitian ini sebanyak 80 orang siswa yang ditentukan dengan teknik
sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri dalam
belajar dan skala prokrastinasi akademik.
Berdasarkan uji korelasi diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,471 > 0,05
maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan signifikan antara regulasi diri
dalam belajar dengan prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Institut
Indonesia. Dengan tingkat korelasi jika dilhat dari nilai Pearson Correlation -
0,082 yang berarti tingkat korelasinya sangat rendah.
Hubungan tersebut menunjukkan hubungan yang negatif, karena nilai r
hitung yang didapat bernilai negatif. Hubungan negative tersebut memiliki arti
arti bahwa jika regulasi diri dalam belajar siswa tinggi maka prokrastinasi
akademik siswa rendah dan sebaliknya jika regulasi diri dalam belajar rendah
maka prokrastinasi akademiknya tinggi.
Kata kunci : Regulasi Diri Dalam Belajar, Prokrastinasi Akademik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:01
Last Modified: 22 Jan 2024 03:01
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1604

Actions (login required)

View Item
View Item