POTRET PERUNDUNGAN TERHADAP PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 KOTA SEMARANG

WIBOWO, FEBI FEBRIANI (2023) POTRET PERUNDUNGAN TERHADAP PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FEBI FEBRIANI WIBOWO 19210006.pdf] Text
FEBI FEBRIANI WIBOWO 19210006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Febi Febriani Wibowo, NPM. 19210006 “Potret Perundungan terhadap
Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kota Semarang”. Program
Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Univrsitas PGRI Semarang, 2023.
Latar belakang penelitian ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 39
Tahun 1999 pasal 1 ayat 6 “Pelanggaran Hak Asasi Manusia yaitu setiap perbuatan
seseorang atau kelompok baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian
yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut hak
asasi manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang undang
dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyesalan
hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.” Hal
tersebut menegaskan bahwa tindakan perlindungan dan pencegahan HAM
diupayakan menindak secara tegas. Perundungan menjadi salah satu bentuk
pelanggaran HAM. Peran sekolah dalam mengatasi perundungan yang terjadi di
lingkungan sekolah, salah satunya yaitu melalui guru. Tujuan dari penelitian ini
yakni untuk upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah perundungan di SMK N
4 Kota Semarang.
Jenis penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Sumber data yang dijadikan sebagai sumber informasi yaitu
guru PPKn, guru BK dan peserta didik. Fokus dalam penelitin ini adalah upaya
pencegahan perundungan terhadap peserta didik di SMK N 4 Kota Semarang.
Indikator pada penelitian ini yaitu bentuk-bentuk perilaku perundungan, dampak
perilaku perundungan peserta didik disekolah dari segi komponen, dan upaya
pencegahan perilaku perundungan antar peserta didik. Teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui
pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan kesimpulan.
Hasil penelitian terkait upaya pencegahan perundungan terhadap peserta
didik di SMK N 4 Kota Semarang menunjukan bahwa pertama, bentuk perilaku
perundungan di SMK N 4 Semarang yakni berupa perundungan verbal dan
perundungan psikis yang mengacu pada Tindakan non fisik seperti mengejek
memberi julukan atau pengucilan. Faktor faktor yang mendorong terjadinya
perundungan di SMK N 4 Semarang yakni disebabkan kelompok geng yang lebih
medominasi, perbedaan kelas (senioritas), permainan game yang mengandung
kekerasan, karakter individu atau kelompok, dan perbedaan status sosial. Kedua,
dampak yang ditimbulkan perilaku perundungan peserta didik yakni dapat
dikelompokan menjadi 3 komponen yakni pelaku perundungan seseorang atau
kelompk yang melakukan upaya perundungan, korban perundungan yaitu
seseorang yang sedang atau pernah di rundung dan penonton perundungan yaitu
seseorang atau kelompok yang menonton tindak perundungan. Ketiga, upaya
pencegahan perilaku perundungan antar peserta didik di SMK N 4 Semarang
dilakukan oleh guru PPKn dan guru Bimbingan Konseling.Terdapat TIM GSM
yang merupakan gerakan sosial untuk memberikan pelayanan sesuai nilai karakter.
Kata Kunci : Perundungan, Upaya Pencegahan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:27
Last Modified: 19 Jan 2024 08:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item
View Item