UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN DIMENSI BERGOTONG ROYONG PADA SISWA KELAS IV SDN 02 GRAWAN

Nikmah, Siti Durotun (2023) UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN DIMENSI BERGOTONG ROYONG PADA SISWA KELAS IV SDN 02 GRAWAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SITI DUROTUN NIKMAH 18120199.pdf] Text
SITI DUROTUN NIKMAH 18120199.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

SITI DUROTUN NIKMAH. NPM 18120199. “Upaya Guru dalam Menanamkan
Dimensi Bergotong Royong Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 2 Grawan”.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong dilakukannya penelitian ini adalah adanya
permasalahan karakter yaitu perilaku gotong royong siswa yang menurun,
ditandai dengan menurunnya kepedulian antar siswa serta kurangnya kerjasama.
Guru dapat menerapkan berbagai pembiasaan agar dapat meningkatkan dimensi
bergotong royong pada siswa kelas IV. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah menganalisis upaya guru dalam menanamkan dimensi
bergotong royong pada siswa kelas IV di SDN 2 Grawan.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa upaya guru dalam menanamkan
dimensi bergotong royong yang terkandung dalam Profil Pelajar Pancasila adalah
melalui kegiatan Jumat bersih yang menjadi rutinitas siswa setiap minggu,
kemudian pengadaan tugas piket kebersihan harian, kegiatan belajar kelompok,
dan kegiatan infaq Jumat yang dilakukan bersama guru dan siswa. Dalam proses
penanaman dimensi bergotong royong, guru masih menemukan kesulitan yaitu
kurangnya media pendukung atau sarana prasarana serta menghadapi siswa yang
berbeda karakter. Namun peneliti menilai upaya yang dilakukan guru tersebut
mampu meningkatkan dimensi bergotong royong yaitu kepedulian terhadap
lingkungan serta kolaborasi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:24
Last Modified: 19 Jan 2024 08:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1601

Actions (login required)

View Item
View Item